Hari ke-2 Bimtek Dokumen Perencanaan PT, Ini yang Dibahas

Hari ke-2 Pelaksanaan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Dokumen Perencanaan Pendidikan Tinggi, yang digelar Universitas Tompotika di hotel kota, Sabtu (12/2).[Foto:Istimewa]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Hari ini, Sabtu (12/2) merupakan hari ke dua pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Dokumen Perencanaan Pendidikan Tinggi (PT) yang digelar Universitas Tompotika (Untika) di Ball Room Hotel Kota Luwuk.

Kegiatan yang menghadirkan Narasumber Drs. Anang Wahid Muhammad Diah, M.Si., Ph.d, selaku Koordinator Pusat Pengembangan MBKBM Universitas Tadulako tersebut membahas sejumlah hal.

Diantaranya, penyusunan perencanaan pendidikan Tinggi Universitas Tompotika Luwuk, di dalamnya membahas dan mendiskusikan tentang dasar perencanaan, Peningkatan Audit Mutu internal dan eksternal pendidikan, Konsep dan prrencanaan penganggaran berbasis kinerja dan berorientasi pada output. Ini sesuai target yang diamanahkan dalam ketentuan permenrisetdikti, serta konsep Valuasi Diri masing-masing Program studi dalam satuan Pendidikan Tinggi.

Kegiatan ini juga mendiskusikan tentang rencana implementasi audit internal Untika untuk meningkatkan Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Universitas Tompotika, yang berpedoman pada ketentuan kementerian riset dikti.

Ketua Panitia dan juga ketua Lembaga Penjaminan Mutu Untika yang juga Candidat Doktor Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia Erni Yusnita Lusu, SKM., M.Kes di sela sela diskusi menyampaikan, sudah merancang standar audit internal penjaminan mutu.

Hal ini telah dikoordinasikan dan mendasari petunjuk Rektor Untika bahwa ke depannya akan dievaluasi dan dibuatkan payung hukum melalui Peraturan Rektor, terkait adanya audit internal jaminan mutu internal, karena secara eksternal Pendidikan Tinggi dan Program Studi dilakukan audit oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Sementara itu, Wakil Rektor I Untika Dr. Isnanto Bidja, SH., MH mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan Rektor,  setelah kegiatan Bimtek dan Workshop, akan ditindaklanjuti dengan pembentukan tim kerja sebagai bentuk tindak lanjut kongkritnya.(NS)