Fakultas Hukum Untika Gelar Lokakarya Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum

BANGGAIPOST,Luwuk- Fakultas Hukum Universitas Tompotika (Untika) menggelar Lokakarya Evaluasi  dan Pengembangan Kurikulum Strata 1 Program Studi Ilmu Hukum, yang dipusatkan di Hotel Estrella, Rabu (15/9).

Kegiatan tersebut di buka oleh Plt. Rektor Taufik Bidullah. SE.MSI. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, pengembangan kurikulum yang dimplementasikan saat ini, telah sesuai dengan regulasi Dikti yang berlaku.

Harapannya, alumni Fakultas Hukum Untika memiliki kapasitas pengetahuan dan kemahiran hukum yang memiliki daya saing.

,”Perubahan kurikulum berorientasi pada keseimbangan kemahiran hukum dan teori hukum yang aktual, dengan sebuah tujuan, untuk mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum Fakultas Hukum Untika yang menyesuaikan dengan perkembangan hukum, tekhnologi dan globalisasi,” terangnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Untika, Dr.Andi Munafri DM,SH,.MH mengatakan,
evaluasi terhadap kurikulum dilakukan secara berkala dan terencana oleh institusi Perguruan Tinggi.

Kegiatan evaluasi kurikulum merupakan tuntutan untuk mengoreksi perguruan tinggi. Dan menjadi aktivitas rutin yang harus dilakukan sebagai tanggapan terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi dan Seni (IPTEKS), kebutuhan masyarakat,serta kebutuhan pengguna lulusan (Stakeholders Needs).

Untuk itu dalam implementasi kegiatannya, Fakultas Hukum Untika Luwuk tetap mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi, kerangka kualifikasi nasional Indonesia, Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2020, Visi Misi Universitas, Fakultas dan Prodi, merespon perkembangan IPTEK dan kebutuhan masyarakat lokal, nasional serta Global.

,”Kegiatan ini sebagai wujud komitmen Fakuktas Hukum untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berdaya saing, bermartabat dan berkearifan lokal di Wilayah Timur Sulawesi pada tahun 2025,”tegasnya.

Sekadar diketahui, menjadi narasumber dalam kegiatan itu, Wakil Rektor 1 Untika Dr. Isnanto Bidja, SH.MH, Wakil Dekan 1 Fakultas Hukum Untika Sulfikar Suling SH.,MH dan Ketua Prodi Ilmu Hukum Marno M Hipan.SH.,MH.

Narasumber eksternal melibatkan Fakultas Hukum Universitas Muslim Indoensia Makassar yang terakreditasi Unggul yang dihadiri oleh Dr. Hardianto Djanggih SH,.MH.

Dr. Hardianto Djanggih SH,.MH, merupakan salah satu alumni Fakultas Hukum Untika yang saat ini menjadi dosen tetap yayasan di Fakultas Hukum UMI Makassar.

Lokakarya kurikulum kali ini juga dijadikan ajang sosialisasi SISTER (Sister Informasi Sumberdaya Terintegrasi) Pendidikan Tinggi dengan peserta kegiatan adalah dosen tetap yayasan dan dosen tidak tetap dengan narasumber  kepala Biro Akademik Untika Adi Mohi.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kejaksaan Negeri Luwuk yang dihadiri oleh Kadi Datun, Pengadilan Agama diwakili Syarifuddin Tayeb S.Ag. MH,  DPRD Banggai diwakili oleh Badan Legislasi Mursidin, KPU Banggai, Bawaslu Banggai, kalangan praktisi pengacara, notaris, alumni Fakultas Hukum,
Dosen tetap yayasan serta dosen tidak tetap.

Kegiatan lokakarya kurikulum juga melibatkan pihak perbankan, perusahaan swasta dan UMKM. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *