Deklarasi Stop BAB Sembarangan di Kintom Banggai, Ini Harapan Kapolsek

Foto: Humas Polres Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Guna menciptakan lingkungan yang sehat, Pemerintah Kecamatan Kintom menggelar deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), atau Open Defecation Free (ODF).

Acara tersebut digelar di PKM Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai, Jumat (3/3/2023).

Kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan Kesehatan lingkungan, dan mencegah penyakit berbasis lingkungan seperti diare dan juga stunting.

Turut hadir, Camat Kintom Amrizal Latief S.Sos, Kapolsek Iptu Raden Hermawan S.Sos, Kapus Kintom Maftun, A.Md.Kep, Kades Dimpalon dan Dimpalon Baru serta Kader Posyandu se-Kecamatan Kintom.

Kapolsek berharap, deklarasi ODF dapat meningkatkan komitmen bersama, untuk terus menjaga dan mempertahankan perilaku bersih sehat, yang salah satunya adalah BAB di jamban yang sehat.

“Kami harap kedepan bisa berkurang dan mempunyai jamban disetiap rumah. Semua ini perlu dukungan dari masyarakat, pemerintah Kecamatan dan pemerintah Kabupaten,” ujar Kapolsek.

Diupayakan strategi agar menciptakan sanitasi yang layak dan penyediaan air bersih. Dengan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat mewujudkan Desa menuju STBM.

“Jangan sampai membuang air besar sembarangan seperti dialiran sungai, dekat kolam ikan dengan adanya deklarasi ini maka tidak ada lagi kegiatan tersebut dilakukan sembarangan,” ucapnya.(Hmp)