Bupati Banggai Resmikan Kecamatan Baru, Berikut Daftar Desa Masuk Wilayah Toili Jaya

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin saat meresmikan Kecamatan Toili Jaya, Senin (21/8/2023).[Foto:Diskominfo]

BANGGAIPOST.COM,Toili – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO meresmikan Kecamatan Toili Jaya sebagai Kecamatan ke-24 di Kabupaten Banggai.

Peresmian Kecamatan Baru di dataran Toili tersebut dipusatkan di lapangan Desa Toilisu, Senin (21/8/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Banggai menyampaikan, pembentukan Kecamatan Toili Jaya merupakan sebuah upaya percepatan pemerataan pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

“Momentum hari ini merupakan hasil dari sebuah perjalanan yang panjang, dimana mekanisme pembentukan kecamatan saat ini melalui proses verifikasi administrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan Kementrian Dalam Negeri RI dengan sangat ketat dan selektif,” ujar Bupati Amirudin.

Dikatakan, dengan terbentuknya kecamatan baru di Dataran Toili, menunjukkan keseriusan Pemerintah Daerah dan DPRD untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. Mempercepat pemerataan pembangunan antar wilayah, mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan serta memperkecil kesenjangan antar wilayah.

“Saya secara pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada camat dan seluruh pejabat kecamatan yang baru saja dilantik, ini merupakan awal perjalanan tugas saudara-saudara di Kecamatan Toili Jaya,”ucapnya.

“Goals kita belum berhenti sampai di pembentukan kecamatan saja, akan tetapi ada goals yang lebih besar lagi yang akan kita raih bersama kedepannya, maka dari itu, semua elemen harus tetap kompak, bersatu, bergandengan tangan, bersinergi dan terus berkolaborasi,”tambahnya menegaskan.

Informasi yang diperoleh media ini, menyebutkan, sebanyak 10 desa yang tergabung ke wilayah Kecamatan Toili Jaya, yakni, Desa Toilisu (Ibu Kota Kecamatan, Mekar Kencana, Marga Kencana, Mulyasari,Tirta Jaya, Saribuana, Tohiti Sari, Sindang Baru, Bukit Jaya, dan Desa Piondo.

Usai meresmikan Kecamatan Toili Jaya, Bupati Banggai H. Amirudin secara langsung meresmikan Sirkuit Wahitama Raceway di Desa Tolisu yang merupakan ibu kota Kecamatan Toili Jaya. (Dkf)