Pelantikan Pengurus Pergatsi Banggai, Wabup Optimis Dibawah Kepemimpinan Sulianti akan Lahir Atlet Handal

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Pergatsi Kabupaten Banggai periode 2022-2026 yang digelar di gedung KONI, Senin (15/8).[Foto: Dokumentasi Banggaipost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk– Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili, menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kabupaten Banggai periode 2022-2026 yang digelar di Aula KONI Banggai, Senin (15/8)

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan, Pergatsi Banggai memiliki tugas besar untuk memasyarakatkan cabang olahraga yang tergolong baru itu, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

“Semoga dengan dilantiknya pengurus baru, cabang olahraga ini akan berkembang dan diminati oleh masyarakat Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Wakil Bupati juga menyatakan komitmen Pemerintah Daerah l, dalam mendukung pengembangan olahraga di Banggai. Terkait keterbatasan infrastruktur, terutama lapangan latih, Wakil Bupati mengatakan, Pemda Banggai melalui KONI dan Dinas Pemuda dan Olahraga Banggai akan menginventarisasi lahan yang bisa dimanfaatkan menjadi lapangan gateball. Saat ini, para atlet gateball Banggai hanya memiliki satu lapangan latih yang berlokasi di RTH Teluk Lalong.

Sebagai kegiatan yang banyak diminati oleh semua kalangan, olahraga merupakan alat atau media pemersatu. Dalam olahraga, kata Wabup, tidak ada perbedaan suku, agama, apalagi politik. “Tidak ada politik-politikan di olahraga. Karena kita akan menyatu, membaur. Yang ada hanya semangat,” tegas Wakil Bupati.

“Saya yakin, kepemimpinan pengurus yang baru, yang dinakhodai oleh ibu Sulianti, Insyaallah, Kabupaten Banggai akan melahirkan atlet-atlet gateball yang andal,” tutur Wabup menambahkan.

Untuk diketahui, Sulianti Murad menjabat sebagai Ketua Umum Pergatsi Banggai periode 2022-2026 setelah terpilih dengan suara bulat pada musyawarah kabupaten (muskab) yang digelar Mei 2022 lalu.

Saat memberikan sambutan, Sulianti mengungkapkan rasa terima kasih kepada club-club gateball dan para atlet yang telah memberi kepercayaan pada dirinya untuk memimpin Pergatsi Banggai.

Ucapan terima kasih juga dia sampaikan kepada pengurus Pergatsi sebelumnya yang diketuai oleh Mustar Labolo yang juga hadir pada kegiatan pelantikan tersebut.

Adapun hal-hal yang perlu dibenahi oleh Pergatsi Banggai, menurut Sulianti, yaitu mengenai pembinaan atlet dan sarana dan prasarana pelatihan.

Untuk itu, dirinya berharap, Pemda bersama pihak terkait dapat mendukung kerja-kerja Pergatsi Banggai. “Kami mohon untuk mendapatkan perhatian, utamanya terkait pembinaan atau pelatihan, serta fasilitas. Kita punya banyak atlet, tapi lapangan cuma ada satu,” tutur Ketua Pergatsi Banggai.

Sementara itu, untuk capaian prestasi di ajang Porprov Sulteng tahun 2022 yang digelar di Banggai, ia manargetkan 8 medali emas.

“Pada gelaran Porprov 2019 di Parigi Moutong, para atlet gateball Banggai mempersembahkan 1 emas, 3 perak, dan 2 perunggu, kini kami menargetkan 8 medali emas. Jika tercapai saya akan beri bonus,”tegasnya disambut tepuk tangan meriah undangan yang hadir.

Pengurus Pergatsi Banggai dilantik oleh Ketua Pergatsi Sulawesi Tengah Syaifullah Djafar berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 10/SK/PERGATSI-SULTENG/VI/2022.

Kegiatan pelantikan dihadiri oleh Wakil Ketua 1 DPRD Banggai Batia Sisilia Hadjar dan Wakil Ketua 2 Samsulbahri Mang, perwakilan KONI Banggai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banggai, serta pihak TNI dan Polres Banggai. (Dkf)