Jejaring Bupati Sofyan Kaepa di Ibukota

Catatan: Moh Ikbal, Selama Pameran AOE 2022


PAMERAN APKASI Otonomi Expo (AOE) 2022 memang sudah selesai, namun ceritanya belum selesai. Mengapa? Karna masih banyak hal yang perlu publik ketahui. Salah satunya tentang sosok Bupati kita Bupati Banggai Laut Bapak Sofyan Kaepa,SH.
Tidak sedikit orang yang meragukan jejaringan di Ibukota Negara. Tetapi tidak sedikit juga yang mengakui bahwa Bupati Sofyan Kaepa punya jaringan yang kuat di Ibukota Negara. Saya mungkin salah satu dari sekian orang yang awalnya meragukan jejaringannya tetapi ketika melihat secara langsung saya mungkin jadi satu-satunya orang yang mengakui betapa dikenalnya Bupati Banggai Laut Bapak Sofyan Kaepa.

Hampir satu minggu bersama Bapak Bupati di Ibukota Negara, bertemu dengan pejabat-pejabat penting. Satu di antara Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan. Kedekatan Bupati Sofyan Kaepa dengan Mendag Zulhas bukan nanti saat ini. Tetapi kedekatan dua tokoh ini sudah lama terjalin. Sehingga wajar saja kala dirinya (red- Bupati Sofyan Kaepa) bertemu dengan Mendag Zulhas tidak ada basa-basi. Mendag langsung tanyakan apa yang bisa dibantu.
“Pak Sofyan Bupati Banggai Laut, apa yang bisa saya,” kata Mendag Zulhas.
“Nanti saya bantu pembangunan pasar, anggarannya itu 4 sampai 6 miliar,” sambung Zulhas. “Terimakasih pak Menteri, segera ditindaklanjuti,” jawab Bupati Sofyan Kaepa.

Baca Juga :  Komitmen Kembangkan Untika, Bupati Minta Rektor Baru Tancap Gas

Kedekatan dua tokoh ini pun berlanjut pada saat penutupan Pameran APKASI Otonomi Expo (AOE) 2022. Pada saat itu, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan dipercayakan oleh presiden Jokowi untuk menutup kegiatan tersebut.

Bupati Sofyan Kaepa pun mendapat keistimewaan duduk berdampingan dengan Mendag Zulhas. Padahal, Bupati Sofyan Kaepa datang terlambat pada acara penutupan AOE 2022 karna terjebak macet.

Pada saat penutupan Mendag Zulhas duduk di samping kanan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Adnan Purichta Ichsan Bupati Gowa Provinsi Sulawesi Selatan dan di samping Kiri Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa. (IK)