Bupati Banggai Ingatkan OPD Jangan Buat Renja Asal-Asalan

Ir.H.Amirudin

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dilingkup Pemda Kabupaten Banggai saat ini tengah memaparkan Rencana Kerja (Renja) tahun 2023.

Sesuai jadwal, pada Rabu (6/7/22), giliran Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar), memaparkan Rencana Kerjanya.

Dihadapan Bupati Banggai, Ir. H Amirudin, Kepala instansti tersebut, Drs. Suwitno Abusama, SH menuturkan, dalam Renja Sat-Pol PP dan Damkar tahun 2023, ada peningkatan anggaran untuk penambahan mobil dan motor patroli, personil dan biaya penunjang pelatihan dan kesekretariatan.

Menanggapi pemaparan tim dari Dinas Pol-PP dan Damkar, Bupati Banggai mengingatkan untuk tidak membuat perencanaan secara asal-asalan tanpa mempertimbangkan nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banggai, sehingga tidak menjadi beban Pemerintah Daerah mencari dana untuk membiayai rencana tersebut.

Baca Juga :  Lomba Desa Tingkat Kabupaten Banggai Laut, Desa Sonit Pertama Dinilai

“Ketika kita buat renja, jangan berpikir nanti kedepan bisa digeser atau dirubah, harus dibuat sebaik mungkin dan disesuaikan dengan APBD,” tegas Ir. H. Amirudin.

Perihal anggaran untuk perjalanan Dinas ke luar daerah, Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanudin Masulili menekankan agar tidak berlebihan sehingga pejabat tidak lebih banyak berada di luar daripada waktu mereka di kantor.

“Satu kali saja perjalanan ke luar daerah bisa berapa hari di lokasi kegiatan, apalagi sampai angka 80, bisa lebih lama di luar daerah daripada hari efektif kerja di kantor,” sambung Wakil Bupati.

Turut hadir pula Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Banggai, Ramli Tongko beserta jajaran.(Dkf)