Penyangga Ibu Kota Baru, Anggota DPD-RI Dorong Banggai Bersaudara Jadi Lumbung Ikan Nasional

Anggota DPD-RI Dapil Sulteng Dr.Muhammad J.Wartabone saat Kunjungan Kerja di Luwuk, Rabu (11/5).[Foto: Dokumentasi Banggaipost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah Dr.Muhammad J.Wartabone,SH,.MH mendorong tiga Kabupaten yakni Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan menjadi Lumbung Ikan Nasional.

“Ini perlu kita dorong sebagai penyangga Ibu Kota Baru (IKN) di Kalimantan,”tegas Senator Senayan Muhammad J Wartabone¬† disela-sela Kunjungan Kerjanya di Luwuk, Rabu (11/5).

Dikatakan, konsep Banggai Bersaudara sebagai lumbung ikan nasional sebelumnya pernah diajukan, namun konsep RPJMD yang disodorkan ke Pemerintah Pusat, belum sesuai standar atau berkesesuaian dengan program dimaksud (nasional.red).

“Saya pernah bincang-bincang dengan Kepala Bappenas terkait konsep menjadikan Banggai Bersaudara sebagai lumbung Ikan Nasional. Hanya saja RPJMD yang disodorkan belum memenuhi standar. Program itupun dialihkan ke daerah lain yang tentunya telah memenuhi persyaratan itu,” terangnya.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, Kapolres Banggai Bagikan Ratusan Masker Kepada Pengendara

Namun begitu, iapun tetap optimis bahwa harapan itu akan terwujud, melalui  komunikasi intens yang dibangun bersama Pemerintah Daerah di tiga Kabupaten (Banggai bersaudara.red).

“Program ini kita terus dorong, dalam upaya menggenjot kesejahteraan masyarakat di Banggai Bersaudara. Pemdapun harus melengkapi syarat yang di tetapkan Pemerintah Pusat. Sayapun akan mengawalnya,”pungkasnya. (NS)