Rapat Paripurna DPRD Digelar, Bupati Amirudin Paparkan Program yang Telah Direalisasikan

Foto: Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk– DPRD Kabupaten Banggai melaksanakan Rapat Paripurna Ke-13, Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 dengan agenda pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banggai Akhir Tahun Anggaran 2021, pada hari Rabu (6/4/22).

Dalam Rapat yang merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi DPRD tersebut, seluruh fraksi, saat membacakan pandangan umum mereka, menyatakan secara jelas menerima LKPJ Bupati Banggai.

“Setelah mendengarkan pandangan umum dari juru bicara masing-masing fraksi, disimpulkan bahwa semua fraksi di DPRD Kabupaten Banggai telah memahami dan menerima LKPJ Bupati Banggai Akhir Tahun 2021 untuk dibahas dalam tahap selanjutnya,” jelas Ketua DPRD Banggai, Suprapto selaku pimpinan Rapat Paripurna.

Sebelum setiap perwakilan fraksi diberikan kesempatan menanggapi sekaligus menyampaikan pandangan terkait LKPJ, terlebih dahulu Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin memberikan pidato mengenai substansi dan esensi yang tertuang dalam dokumen LKPJ.

Baca Juga :  PKS Banggai Laut Dorong Pemda Perbaiki Sistem K3 Pelabuhan Banggai

Dalam pidatonya, Bupati Banggai memaparkan program-program yang telah dilaksanakan sejak dilantik (8/6/21) hingga akhir tahun 2021.

Dalam rentang waktu tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai di bawah kepemimpinannya bersama Drs. H. Furqanudin Masulili, telah mampu menorehkan beberapa prestasi, diantaranya, berhasil meraih hasil audit Wajar Tanpa Pengecualian, kemudian Inovasi 100 PK 100 KK telah masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB Tahun 2021, berhasil mempertahankan SAKIP dengan predikat A, lalu Kabupaten Banggai meraih peringkat 1 penurunan angka stunting dan perencanaan pembangunan se Provinsi Sulawesi Tengah.

“Dan yang baru-baru ini, Kabupaten Banggai meraih juara 2 pada Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021 Tingkat Nasional, yang tentu saja semua itu berkat dukungan lembaga legislatif dan seluruh Masyarakat Kabupaten Banggai,” sambung dia diikuti tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

Baca Juga :  Bupati Banggai Hadiri Pembukaan Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City 2023 di Surabaya

Pencapaian-pencapaian tersebut mendapatkan apresiasi dan respon positif dari seluruh fraksi partai yang mengikuti rapat. Seperti halnya Masnawati Muhammad dari Fraksi Gerindra, Ibrahim Darise dari PAN dan Irwanto Kulap dari Golkar. Ketiganya mengapresiasi kinerja Pemda Banggai yang walaupun dihadapkan dengan Pandemi Covid-19, tetapi mampu menjaga pertumbuhan ekonomi, mencegah tingginya tingkat kemiskinan dan tetap konsisten melaksanakan pembangunan.

Menanggapi hal itu, Bupati Banggai mewakili segenap jajaran perangkat daerah Kabupaten Banggai mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh fraksi dan berjanji untuk memenuhi hal-hal yang masih belum terselesaikan.

“Apresiasi dari Anggota DPRD Kabupaten Banggai akan kami jadikan motivasi untuk bekerja lebih giat dan lebih baik lagi di tahun ini dan tahun-tahun akan datang untuk mensejahterakan Masyarakat Kabupaten Banggai,” imbuhnya.

Baca Juga :  Polsek Luwuk Amankan 10 Pemuda Pesta Miras di Dua Lokasi

Turut hadir mendampingi Bupati Banggai, Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanudin Masulili, Sekretaris Daerah Banggai, Ir. Abdullah Ali, Unsur Forkopimda serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemda Banggai. (KF)