Teratasi, Air Bersih di Baya Kembali Berjalan Normal

Foto: Istimewa

BANGGAI POST.COM,Luwuk Timur-Setelah sebulan mengalami kendala,dan sempat di keluhkan warga. Kini air bersih di Desa Baya, Kecamatan Luwuk Timur, akhirnya kembali berjalan normal.

Program Pemerintah, untuk sarana air bersih melalui Dinas PUPR Kabupaten Banggai macet di sebabkan salah satu jaringan pipa mengalami kebocoran alias pecah.

Hal itu ungkapkan Aim Marang aparat desa juga selaku pengurus air di desa Baya.

Menurut Aim, pecahnya pipa tersebut di sebabkan terlindas alat berat,bukan karena faktor kesengajaan atau mekanisme pekerjaan yang kurang baik.

“Jadi ini bukan faktor kesengajaan,namun memang areal dimana tempat jaringan air tersebut bergunung,ketika hujan,pipa yang ada dalam tanah terkikis sehingga muncul di permukaan.Bersamaan dengan itu di areal tersebut ada kegiatan alat berat sehingga tidak sengaja alat berat melindas pipa tersebut,” ungkap Aim Jumat(4/3/2022).

Dia menjelaskan, dampak dari kerusakan tersebut, memicu beragam keluhan dari masyarakat setempat.

Mendapat informasi dan keluhan warga, pihaknya langsung bergerak mengecek kendala apa yang terjadi di lapangan sehingga air itu macet.

“Saya bersama Sekdes pigi cek seluruh jaringan yang ada ternyata memang ada pipa yang bocor yang tidak di sengaja di lindas mobil,pipa yang bocor itu terdapat di areal pegunungan yang di maksud,”terang Aim

Meski begitu,untuk memaksimalkan dan mengatasi persoalan air tersebut Kata Aim, dirinya bersama Sekdes dan warga setempat di dampingan tim pelaksana kegiatan dan Dinas PUPR langusung beranjak kelokasi memperbaiki jaringan air tersebut.

“Kami bersama warga di dampingi Dinas terkait bersama pelaksana kegiatan langsung memperbaiki pipa saluran tersebut,dan Alhamdullilah saat ini kondisi air di desa kami sudah jauh lebih dan sudah berjalan normal,bisa di cek langsung ke rumah – rumah warga,” ujarnya

Dia berharap semoga kendala seperti ini tidak akan terjadi lagi,menyangkut persoalan air mari sama sama kita jaga.Dirinya juga sangat berterima kasih kepada pihak pihak terkait terlebih kepada warga yang sudah ikut berpartisipasi mengatasi kendala air bersih ini,”pungkasnya

Sementara pantaun awak media,kondisi air bersih yang dulu berjalan pelan bahkan sampai tidak mengalir ke rumah warga,saat ini air tersebut berjalan normal serta lebih kencang dari sebelumnya.

Warga setempat juga merasa senang bahkan bersyukur ada perhatian Pemdes dan Dinas terkait untuk mengatasi persoalan air bersih yang sejatinya menjadi sumber kehidupan warga.”(al)