Urutan Ke-empat di Sulteng dan Pertama Untuk Banggai Brother

Supriadi Kaepa


BANGGAI POST, BALUT- Pemerintah Kabupaten Banggai Laut saat ini berada di urutan ke empat dalam hal pencairan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 se-Sulawesi Tengah dan urutan pertama untuk tiga Kabupaten bersaudara (Banggai Brother).
“Berdasarkan data yang kami terima hari Banggai Laut di urutan untuk pencairan DD, baik DD BLT ataupun DD Reguler,” ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Supriadi Kaepa, Rabu (02/03).
Dirinya mengatakan, cepatnya proses pencairan di tahun ini disebabkan komunikasi dan koordinasi yang baik antara pemerintah desa dan dinas. Apalagi dalam penyusunan APBDes, semua desa proaktif. Sehingga memang APBDes tahun ini lebih cepat rampung jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
“Dari 63 desa di Kabupaten Banggai Laut, hanya ada satu desa yang sampai saat ini belum menyelesaikan APBDes dan dinas sudah Surati desa tersebut,” katanya.
“Dinas tidak mau menunggu, desa yang sudah rampung dan lengkap, pencairannya langsung diproses. Siapa cepat dan siapa tepat,” tambah Adi.
Dari semua desa yang ada di Kabupaten Banggai Laut, desa-desa yang ada di Kecamatan Banggai Utara semua telah merampungkan proses pencairan DD BLT dan Reguler.
“Karna Desa-desa yang ada kecamatan semuanya telah cair. Diagendakan penyaluran BLT DD akan diserahkan Bupati. Ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintahan Kabupaten terhadap desa-desa yang ada di wilayah tersebut,” ucapnya. (IK)