50 Persen KPM di Luktim Belum Terima BSPT, Suharto: Tunggu Tahap Berikut

Suharto Larekeng

BANGGAIPOST.COM,Luktim- Sebanyak 487 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sembako Pangan Tunai ( BSPT) di Kecamatan Luwuk Timur (Luktim) telah mendapatkan bantuan. Bantuan tersebut disalurkan oleh petugas PT. Pos Indonesia Cabang Luwuk pada Rabu (23/2/2022) kemarin, di halamam kantor camat Luktim.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Luktim Kabupaten Banggai Suharto Larekeng menyebutkan, jumlah penerima BSPT kemarin belum seluruhnya tercover. Sebab untuk penerima bantuan sembako yang ada dalam data di kecamatan Luktim adalah sebanyak 900 KPM lebih.

“Itu berdasarkan data hasil verifikasi Pemdes yang tersebar di 13 desa di Luwuk Timur. Jadi untuk KPM yang belum tercover bantuan itu masih 50 persen lagi, sisanya itu masih menunggu tahap pencairan selanjutnya. Namun begitu dirinya belum bisa memastikan kapan waktunya, itu masih menunggu daftar nama susulan By Name By Addres (BNBA) berikutnya,” ujar Suharto, saat dikonfirmasi, Kamis (24/2/2022).

Selaku pendamping Program Bansos, Suharto berharap masyarakat yang belum sempat tercover agar sekiranya tetap bersabar.

“Mudah – mudahan secepatnya tersalurkan,” tuturnya.

Meskipun begitu, Suharto menyebut bahwa beralihnya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ke BSPT masih mejadi keluhan sebagian warga penerima. Pasalnya sebelum BPNT beralih pada program sembako, ada sejumlah warga yang mempertanyakan bantuan non tunai. Keluhan itu disampaikan warga dengan alasan sejak terbitnya Kartu Keluarga Sejaterah (KKS) kartu tersebut tidak dapat di manfaatkan sebab saldo yang ada pada kartu nol persen.

“Ada sebagian warga datang mengeluh dan mempertanyakan persoalan itu,harusnya memamang supaya tidak terjadi tumpang tindih,Bantuan Non Tunai di cairkan terlebih dulu,agar masyarakat tidak bertanya – tanya hal ini juga untuk menjaga kecemburuan sosial,kenapa yang lain dapat semetara yang lain tidak,” teranngnya

Oleh karena itu, dia menambahkan, untuk menjaga terjadi kecemburuan sosial kaitan dengan program Bansos, dirinya menyarankan untuk mengecek langsung ke Bank Mandiri sebagai mitra dari program.

“Biar warga jangan salah kaprah atau berasumsi yang tidak – tidak saya sarankan mereka untuk ke Bank, selanjutnya kami fasilitasi untuk pencairan bantuan tersebut,” tandasnya (al)