10 Jabatan Lowong di Balut Bakal “Diperebutkan” 34 Pejabat

BUKA PROSES SELEKSI : Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa membuka secara resmi Seleksi Terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama.(FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)


BANGGAI POST, BALUT– Sebanyak 34 pejabat mengikuti assesment (penilaian) seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama lingkungan pemerintah kabupaten Banggai Laut tahun 2022, Rabu (26/01) di aula gedung BKPSDMD. Assesment dibuka secara resmi Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Banggai Laut itu mengatakan bahwa penempatan pejabat eselon II  benar-benar berdasarkan hasil assesment bukan berdasarkan yang lainnya. Tidak ada yang namanya kedekatan. “Semua profesional, bukan berdasarkan kedekatan, hubungan keluarga ataupun karena mengingat usia kemudian harus dilantik. Semua berdasarkan profesionalisme,” kata Bupati Sofyan.

Ia juga mengingatkan, agar nantinya yang dilantik sebagai pejabat eselon II harus benar-benar kerja secara jujur bukan karna kepintaran. “Kalau sudah jujur kepintaran akan mengikut. Banyak Bupati masuk penjara karna tidak ada masukan dari dinas tehnis. Kalau kebijakan saya salah tegur, berikan masukkan. Bukan ikut-ikutan saja, karna hanya takut di nonjob,” ucap Bupati.
“Saya tidak akan nonjob, hanya gara-gara tidak mengikuti kebijakan saya yang salah,” tegasnya.
Bupati Sofyan juga berharap pada pejabat yang nantinya belum dilantik untuk tidak berkecil hati. Tetapi teruslah berkerja berdasarkan tupoksi masing-masing.
“Semoga Kabupaten Banggai Laut bisa mendapatkan pejabat yang benar-benar berkompeten dan bekerja untuk daerah Banggai Laut lebih maju,” harapnya.

Berdasarkan laporan ketua Panitia Seleksi (Pansel) Ruslan Tolani mengungkapkan ada 34 pejabat yang dinyatakan lulus administrasi seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama. Hanya yang ikuti assesment tertulis 33 pejabat saja. Sedangkan yang satu pejabat hanya akan mengikuti presentasi makalah dan wawancara saja.
“Sebanyak 10 kotak jabatan eselon II kosong. Satu jabatan harus diikuti tiga pejabat dengan ini memenuhi syarat. Dan secara umur pejabat mengikuti assesment tertua 55 tahun dan termuda 36 tahun,” ungkap Sekretaris Daerah.
10 jabatan yang kosong yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Koperindag, Dinas Perhubungan, Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (Bappeda), Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) , Dinas PMD dan P3A, Dinas Sosial, Dinas Pemuda dan Olahraha (Dikpora), Sekretaris Dewan dan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan.

Seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama lingkungan pemerintah kabupaten Banggai Laut tahun 2022 mengusung tema “Kita Wujudkan Pimpinan yang Amanah, Transparan dan Akuntabel berlandaskan Kearifan Lokal yang Berbudaya”.(IK)