Sambut Festival Gambus dan Karambangan 2022, Panitia Matangkan Kegiatan

Panitia Pelaksana Kegiatan Festival Seni Tradisional Gambus dan Karambangan, menggelar rapat bersama koordinator kegiatan Kecamatan, bertempat di Kantor Dinas Pariwisata, Senin (17/1).[Foto:BanggaiPost]

BANGGAIPOST,Luwuk- Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai di bawah kepemimpinan Bupati Ir.H.Amirudin, terus berupaya menumbuhkan kearifan lokal yang dimiliki daerah ini.

Komitmen itu dijabarkan melalui sejumlah program. Salah satunya dengan menggelar festival kesenian tradisional Gambus dan Karambangan tahun 2022.

Kegiatan tersebut, rencananya akan digelar pada 20-23 Mei tahun 2022 mendatang, bertepatan hari Kebangkitan Nasional, yang pelaksanaanya di pusatkan di RTH Teluk Lalong.

Menyambut momentum festival, Panitia Pelaksana mulai mematangkan kegiatannya. Melalui rapat yang menghadirkan Koordinator kegiatan di 23 Kecamatan, bertempat di Kantor Dinas Pariwisata, Senin (17/1).

Dalam rapat itu, Ketua Panitia Faisal Karim,S.Sos,.MSi, mengatakan, ide awal digelarnya festival musik gambus dan Karambangan adalah murni gagasan Bupati Banggai, dalam upaya mengangkat kearifan lokal daerah ini.

Baca Juga :  Pelantikan PPS Se-Kabupaten Banggai,Ini Harapan Wakil Bupati

“Ini Sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai, yakni terwujudnya Banggai maju, mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal. Panitia yang telah dibentuk berkomitmen menyukseskan kegiatan ini,”tegasnya.

Dalam pertemun itu, panitia pelaksana meminta masukan kepada peserta rapat, tentang sejumlah jenis kegiatan untuk memeriahkan festival nantinya.

Sejumlah koordinator kegiatan Kecamatan, mengusulkan pagelaran seni dan olah raga, yang akan dilaksanakan pada siang hari. Diantaranya, olah raga tradisional lomba patengka, lari karung, gasing, kontau, pantun (Komedi), mongkahuk niu, serta permainan tradisional lainnya.

“Momentum festival ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kesenian dan olah raga traditional yang hampir tak kelihatan lagi. Untuk Gambus dan Karambangan dipentaskan pada malam hari. Untuk siang hari, akan di isi kegiatan olah raga dan permainan tradisional,”tuturnya.

Baca Juga :  Bahas Tata Kelola Perikanan Skala Kecil di Desa Monsongan, LEMSA Bersama CEPF Wallacea II Burung Indonesia Gelar Temu Pihak

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Paiman Karto, menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk menyukseskan event dan Festival Musik Tradisional Gambus dan Karambangan yang dihelat Mei 2022 mendatang.

“Dengan kekompakan, kami siap mensupport dan mensukseskan kegiatan ini, dalam upaya mewujudkan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai,”ujarnya. (NS)