Secanggih Apapun Teknologi, Peran Guru Tetap yang Utama

LANTIK: Sekretaris Daerah, Ruslan Tolani saat melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Banggai Laut di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Senin (4/10). (ISTIMEWA)


BANGGAI POST, BALUT– Atas Nama Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, Sekretaris Daerah Ruslan Tolani, mengukuhkan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Banggai Laut untuk masa bakti 2021-2026, Senin (4/10) kemarin di pendopo Rumah Jabatan Bupati.

Dalam sambutannya, mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan itu mengatakan, bahwa keberadaan guru memiliki peran yang sangat penting meskipun teknologi serba canggih. “Secanggih apapun teknologi, peran guru tidak bisa digantikan dan jauh lebih penting bagi tercapainya pendidikan yang baik,” katanya.

Baca Juga :  Diduga Curi Uang Kotak Amal, Pria di Toili Ditangkap Polisi

Oleh sebab itu kata dia, dalam menjalankan tugas organisasi maupun tugas pokok sebagai guru, perlu adanya kolaborasi dengan berbagai pihak. “Kolaborasi dan inovasi itu penting dilakukan, harus ada perubahan lebih baik, jangan begitu-begitu saja,” imbaunya.

Meski demikian, Sekda yang pernah menjadi guru selama 15 tahun ini juga menyadari, bahwa inovasi di bidang pendidikan memerlukan peran serta dari Pemerintah Daerah. Sehingga dalam tambahan sambutannya, dirinya menyatakan akan mengupayakan terwujudnya penyegaran penyelenggara pendidikan di sekolah-sekolah. “Selaku Beperjakat, kami akan mengupayakan adanya rolling ASN guru, ini sebagai langkah penyegaran bagi perbaikan pendidikan kita kedepan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut, H. Moh. Taslim dalam sambutannya mengatakan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam merupakan ‘ujung tombak’ bagi terwujudnya masyarakat yang berakhlak mulia, Karena, kata dia, siswa siswi yang dididik berakhlakul karimah di sekolah akan kembali ke masyarakat.
“Selain Penyuluh Agama non PNS, keberadaan guru Pendidikan Agama Islam juga merupakan ujung tombak bagi tercapainya masyarakat yang berakhlak mulia di daerah yang kita cintai ini,” ujarnya.

Baca Juga :  4 Hari Hilang, Pria di Balantak Banggai Ditemukan Tewas Gantung Diri

Baik pihak Pemerintah Daerah maupun Kementerian Agama, sama-sama mengapresiasi terbentuknya Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam di Banggai Laut, bagi kedua pihak, keberadaan DPD AGPAII semakin menumbuhkan harapan akan adanya perubahan pendidikan menjadi lebih baik di Daerah Cardinal Fish itu. Bahkan pihak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) juga sangat menyambut baik hadirnya Asosiasi Guru PAI itu.
“Saya bersyukur sekali, bahkan saat baca undangan itu saya langsung bilang Alhamdulillah, ini luar biasa, kita punya harapan lagi untuk mewujudkan masyarakat Banggai Laut yang religius,” singkat ketua FKUB Banggai Laut, Taufik Malida. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *