Irwanto Kulap Dinilai Cocok Nahkodai KTNA Banggai

Irwanto Kulap,SP

 

BANGGAIPOST, Luwuk- Setelah cukup lama vakum, kini Organisasi Sosial yang bergerak di sektor Agrikultur berbasis Agribisnis, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Banggai kembali bangkit.

Gagasan kembangkitan KTNA di daerah ini di suarakan oleh sejumlah pemuda, hingga melahirkan soal siapa yang dinilai layak memegang kendali organisasi itu kedepan.

Dari berbagai argumen, mencuat satu nama yang dipandang layak dan cakap dalam mengendalikan organisasi yang menaungi petani dan nelayan itu. Sosok itu nilai mereka adalah Irwanto Kulap,SP.

Anggota DPRD Banggai Dapil 2 itu cukup memiliki pengalaman panjang disektor agrikultur berbasis agribisnis.

,”Iya, kami menilai Irwanto Kulap sangat cocok, layak memegang kendali dan menggerakkan KTNA Kabupaten Banggai. Ia adalah eks Magang Jepang yang berpengalaman. Dan saat ini aktif di Parlemen,”Tutur Michael Tendean kepada Banggai Post, Minggu (26/9).

Micaheal yang juga mantan Ketua Umum HIPMI ini mengungkapkan, kebangkitan KTNA Banggai diawali dengan ide dan gagasan praktis, untuk kemudian di implementasikan.

Konsep tersebut urai dia telah di rumuskan oleh Irwanto Kulap bersama sejumlah pemuda pemerhati petani dan nelayan.

Mendorong Program pengembangan pangan pokok dan lokal menjadi salah strategi penyediaan pangan.

Konsep tersebut sangat sesuai dengan kondisi saat ini, dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan di tengah Pandemi Covid-19.

“Memang saat ini kondisi sedang sulit, namun kami yakin Pemerintah Daerah bisa melakukan terobosan penting untuk pencapaian kebutuhan pangan. KTNA akan bersinergi dengan Pemda dalam menyukseskan Program Satu Juta Satu Pekarangan,”ujarnya.

Menurutnya, pengembangan pangan pokok dan lokal tersebut dipastikan dapat diwujudkan di berbagai wilayah melalui pemanfaatan pekarangan. Sebab, Kabupaten Banggai memiliki potensi besar pangan lokalnya.

“Kita bangkitkan dan gerakkan lagi. Ada komoditas pangan lokal yang mudah ditanam di pekarangan,” jelasnya.

Iapun optimis, ditangan Irwanto Kulap, KTNA bisa berkembang. Menjadikan KTNA sebagai organisasi yang Profesional, wadah bagi petani dan nelayan yang merupakan profesi dominan di Kabupaten Banggai.

,”Mari Kita jadikan organisasi yang besar ini, sebagai organ yang dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat khususnya petani dan Nelayan,”ujarnya.

Untuk itu tambah Michael, para penggiat KTNA bangkit telah sepakat untuk melaksanakan roda organisasi sesuai dengan AD/ART dan Program kerja.

Diantaranya, membina organisasi sayap KTNA, alumni magang Jepang, melaksanakan program kerja hingga masa jabatan berakhir. Serta mengaktifkan kegiatan usaha.

Jika diperkenankan kata Michael, pada saat pelantikan pengurus KTNA yang baru, akan digelar pameran exspo komoditi hasil pertanian dan nelayan di daerah ini.

“Mari kita bersatu padu untuk kemajuan Petani dan Nelayan di Kabupaten Banggai. Berikan ide, inovasi sehingga keberadaan KTNA dapat menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat,”pungkasnya.

Michael Tendean sendiri kini digadang-digadang bakal mendampingi Irwanto Kulap dalam Rembuk (Pemilihan Pengurus) KTNA Banggai sebagai Sekretaris. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *