Wabup Serahkan Bantuan Ternak Kambing di Simpang Raya

BANGGAIPOST,Simpang Raya- Wakil Bupati (Wabup) Banggai Furqanudin Masulili didampingi Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir.Ferlyn Monggesang,MSi menyerahkan bantuan ternak Kambing untuk dua Kelompok di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Simpang Raya, Sabtu (19/9).

Kepada Banggai Post, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir.Ferlyn Monggesang,MSi menjelaskan, bantuan ternak kambing yang disalurkan di Simpang Raya berjumlah 22 Ekor jenis PE’ (Peranakan Etawa). Program tersebut digelontorkan sebagai upaya mendukung Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

,”Bantuan ini melalui alokasi APBD Kabupaten Banggai tahun 2021. Total bantuan sebanyak 55 Ekor, terdiri 50 ekor betina dan 5 ekor jantan. Keseluruhan bantuan telah diserahkan kepada kelompok di 3 Kecamatan. Yakni, Simpang Raya, Bualemo dan Batui Selatan,”terangnya.

Baca Juga :  Bupati Banggai Hadiri Rakor Persiapan Pengadaan ASN 2022, Menpan-RB: Hanya Untuk PPPK!

Dikatakan, program bantuan ternak kambing bertujuan untuk memenuhi ketahanan pangan asal hewani. Dengan sebuah harapan terciptanya peningkatan pendapatan bagi para peternak.

Sebab, potensi peternakan di Kabupaten Banggai menjadi peluang emas untuk meningkatkan kesejahteraan, seiring permintaan pasar yang terus meningkat.

,”Harapan kami, ternak ini sebagai modal awal, untuk dipelihara dengan baik. Maka kami yakin dalam beberapa tahun ke depan pasti sudah semakin berkembang dan pasti berdampak terhadap pendapatan warga,”tuturnya berharap.

Setelah bantuan tersebut disalurkan kata Kadis, pihaknya akan secara intens melakukan pendampingan kepada kelompok penerima bantuan. Dengan begitu, harapan keberhasilan sektor peternakan akan membuahkan hasil.

Sekadar diketahui, selain menyerahkan bantuan ternak Kambing, Dinas Peternakan dan Keswan juga melaksanakan kegiatan Inseminasi Buatan serta Pengobatan Ternak Sapi di Simpang Raya.

Baca Juga :  Sulianti Murad Kembali Nahkodai Perwis Banggai

Inseminasi buatan bertujuan menghasilkan keturunan hewan yang unggul. Teknik ini memerlukan bantuan manusia.

Sementara itu pengobatan hewan ternak dilakukan untuk mengetahui dan mencegah sedini mungkin adanya penyakit hewan.

Adapun sasaran pengobatan ternak ini adalah sapi dan kambing. Layanan yang diberikan dalam kegiatan ini adalah, untuk ternak yang sehat diberikan suntikan vitamin sedangkan untuk ternak yang sakit diberikan pengobatan sesuai dengan penyakit yang diderita ternak. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *