Menuju Desa Wisata, Kades Mbuang-Mbuang Minta Bimbingan Bupati

TEMUI BUPATI: Kepala Desa Mbuang-Mbuang saat meminta bimbingan Bupati dan Sekda terkait desa wisata. (FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)


BANGGAI POST, BALUT– Kepala Desa Mbuang-Mbuang Kecamatan Bokan Kepulauan, Sugiono Rihama menemui Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa di kantor Bupati, Jum’at (17/9). Pertemuan singkat itu, membahas beberapa strategi dalam pengembangan desa wisata khusus desa Mbuang-Mbuang.

Dalam kesempatan itu, Sugiono menyampaikan beberapa hal terkait dengan wisata yang ada di desa Mbuang-Mbuang. Diantaranya, perintisan jalan menuju tempat pembuangan sampah akhir dan penambahan papan informasi di beberapa spot wisata. “Sekiranya Pak bupati dapat membimbing dan memberi petunjuk kepada kami,” kata Kades Mbuang-Mbuang, Sugiono Rihama.

Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa menyampaikan, bahwa masyarakat Mbuang-Mbuang harus siap menerima tamu dari berbagai daerah dan bisa juga dari luar negeri. Karena memang saat ini Desa Mbuang-Mbuang bukan hanya masuk dalam wisata Nasional saja tetapi sudah sampai di internasional. “Keramahan masyarakat sangat penting, karna Mbuang-Mbuang bukan hanya masuk dalam skala nasional saja,” tutur Bupati.

Disamping itu juga, Bupati menyambut baik adanya tempat pembuangan sampah akhir yang disiapkan masyarakat Mbuang-Mbuang. Karna memang masalah sampah bukan masalah sepele. Kebersihan di spot-spot wisata harus benar-benar terjaga. “Kebersihan penting, jangan sampai ada wisatawan datang sampah berserakan di spot wisata,” ucap Bupati Sofyan.

Orang nomor satu di Kabupaten Banggai Laut itu juga mengingatkan kepada Kepala Desa Mbuang-Mbuang untuk tetap memelihara kearifan lokal, terutama dalam hal budaya yang ada di desa. “Siapkan juga cendera mata yang menunjukkan kearifan lokal kita,” pinta Bupati. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *