Brigpol Ryan Pratama Kabakoran, Buktikan Polisi Balut juga Mola (Bisa)

GABUNG PASUKAN PERDAMAIAN: Brigpol Ryan Pratama Kabakoran, anggota polisi yang bertugas di Polres Banggai Polsek Banggai ini tengah mengikuti latihan prapenugasan di Puslat Multifungsi Polri dan Pusdik Lantas selama 5 bulan sebelum bergabung dengan pasukan PBB di Bangui, Afrika.


 

BANGGAI POST, BALUT– Banggai Laut harus berbangga memiliki seorang polisi seperti Brigpol Ryan Pratama Kabakoran. Anggota polisi yang bertugas di polres Banggai Polsek Banggai Kepulauan itu mengukir prestasi yang sungguh luar biasa. Dirinya lulus terpilih untuk bergabung dengan Pasukan Perdamaian Dunia di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau united nations (UN).

Brigpol Ryan Pratama Kabakoran akan bergabung dengan kontigen Satgas Garuda Bhayangkara FPU MINUSCA 3 di daerah pasca konflik yaitu di Bangui Afrika Tengah untuk menjalankan Misi perdamaian dunia.

Dirinya menjalani berbagai seleksi yang panjang dan ketat semenjak tahun 2020 tanpa mengabaikan Protokol kesehatan serta harus berhadapan dengan jarak yang jauh dan segala keterbatasan di daerah, tidak kemudian mematahkan semangat Brigpol Ryan Pratama Kabakoran. Terbukti setelah mengikuti seleksi panjang tersebut, personil Polsek Banggai itu menjadi seorang Peacekeepers Polri, dengan lulus terpilih mengikuti latihan pra Penugasan Pasukan PBB (MINUSCA) ke Bangui Afrika tengah.

Baca Juga :  Banggai Peringkat Terbaik 1 Pengelolaan DD, Ini Pesan Bupati

Brigpol Ryan Pratama Kabakoran, yang sehari-harinya bertugas sebagai Anggota Pos KP3 Pelabuhan Banggai Laut sebagai Personil pengamanan agar terciptanya kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan penyeberangan menggunakan kapal laut. Selain dari itu, dirinya juga aktif sebagai pemerhati wisata bahari melalui media selam (scuba diving) dalam Komunitas Benggawi Cardinal Divers (BCD). Aktivis kesehariannya itulah yang kemudian memotivasi Brigpol Ryan Pratama Kabakoran bergabung di pasukan FPU.
“Merasa terpanggil untuk bergabung di pasukan FPU karena saya merasa Misi menarik dan menjadi tantangan tersendiri buat saya. Yaitu dari segi kemanusiaan berupa menjaga warga sipil pasca konflik dan mengobati trauma korban pasca konflik dan sekaligus membawa misi Pengenalan Budaya Bangsa dan tidak kalah penting ingin berbuat lebih kepada Bangsa, Negara, Institusi dan Keluarga,” katanya pada Banggai Post.

Baca Juga :  AT-FM Resmi Dilantik Bupati-Wakil Bupati Banggai

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pimpinan saya, senior saya dan rekan-rekan saya di Polres Banggai kepulauan atas didikannya sehingga saya bisa bergabung di Pasukan FPU,” tuturnya Brigpol Ryan.

Saat Ini, Pria kelahiran Manado, 5 Juni 1991 sedang mengikuti Latihan Pra Penugasan yang dilaksanakan di Puslat Multifungsi Polri dan Pusdik Lantas selama 5 Bulan. Setelah melaksanakan latihan Brigpol Ryan Pratama Kabakoran akan di berangkatkan ke daerah misi yaitu ke Bangui Afrika Tengah. Satu personil yang berasal dari Tano Banggai ini akan bergabung dengan 139 pasukan peacekeepers polri dari seluruh Indonesia.

“Benar dia anggota saya (Brigadir Ryan P Kabakoran), Dia berdinas di Polsek Banggai,” ungkap Kapolsek Banggai AKP Karel Paeh SH,MH, Selasa (13/7).

Baca Juga :  Mobil Dinas Milik Pemda Balut Dilempari Batu

Menurutnya, satu personil ini adalah aset sumber daya Polsek Banggai Polres Bangkep yang terbaik. Sehingga dengan terpilih salah satu personil membuatnya merasa bangga atas capaian yang di raih anggotanya tersebut. “Dan ini merupakan penyemangat untuk personil yang lain untuk makin berkembang, walaupun di satker kecil tapi bisa bersaing dengan satker yang lebih besar,” tutup perwira tiga balak.(IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *