Sertijab Dan Paripurna Penyampaian Pidato Pertama Bupati Terpilih Dipercepat

Hj.Batia Sisilia Hadjar,SE,.MM

 

BANGGAIPOST,Luwuk- DPRD Kabupaten Banggai bakal menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Paripurna Penyampaian Pidato Pertama Bupati dan Wakil Bupati Banggai terpilih, pasca dilantik di Palu, Selasa (8/6).

Agenda tersebut dipercepat, yang sebelumnya di jadwalkan pada Senin (14/6), berubah pelaksananya, dan diselenggarakan pada Kamis (10/6).

Kepada Banggai Post, Wakil Ketua DPRD Banggai Hj. Batia Sisilia Hadjar,SE,.MM mengatakan, jadwal pelaksanaan Sertijab dan Paripurna Penyampaian Pidato Pertama Bupati Banggai terpilih, dalam hal ini Ir.H. Amiruddin Tamoreka dan Furqanudin Masulili digelar pada Kamis (10/6).

Penetapan jadwal tersebut berdasarkan hasil Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD yang digelar, Jumat (4/6),” Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD membahas sebagaimana amanat Undang-Undang, tentang agenda pasca Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilantik. Yakni agenda Sertijab dan Rapat Paripurna. Dalam Banmus telah disepakati pelaksanannya digelar tanggal 10 Juni 2021 pukul 09.00,”tutur Batia yang juga Ketua DPD Partai NasDem Banggai.

Iapun mengurai alasan mengapa kemudian agenda Sertijab dan Paripurna pidato pertama Bupati terpilih dipercepat. Salah satu alasan, yakni, demi kepentingan masyarakat Banggai, agar Bupati dan Wakil Bupati terpilih segera bekerja,”Awalnya ditetapkan dalam Rapat Pemda, jadwal pelaksanaannya digelar pada Senin (14/6). Dengan maksud rentan waktu sejak dilantik pada tanggal 8 Juni 2021, dapat digunakan Tim-Tim di 23 Kecamatan untuk bersilaturahmi dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, sehingga pada saat pelaksanaan Sertijab dan Paripurna tidak terjadi penumpukkan massa,”terangnya.

Namun lagi-lagi bagi lembaga DPRD memandang dari aspek efektifitas waktu yang digunakan Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk segera bekerja.

Sebab, Bupati dan Wakil Bupati terpilih ketika belum dilakukan Sertijab otomatis belum dapat melaksanakan tugas-tugasnya,”Jarak waktu dari saat dilantik tanggal 8 Juni 2021, sampai dengan tanggal 14 Juni 2021 cukup jauh. Oleh DPRD dipercepat pelaksanaan Sertijab dan Paripurna, agar Bupati dan Wakil Bupati terpilih, sudah bisa melaksanakan kerja-kerja. Terkait jumlah orang yang hadir pada saat Sertijab dan Paripurna diserahkan kepihak kepolisian yang mengatur,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun Banggai Post, Sekretariat DPRD saat ini tengah membahas tekhnis kegiatan menjelang Sertijab dan Paripurna Penyampaian Pidato Pertama Bupati terpilih. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *