Wabup Lepas Pemberangkatan Peserta Pemagangan Jepang Ke BLK Makassar

BANGGAIPOST,Luwuk- Wakil Bupati Drs.Mustar Labolo,MPd.I melepas sedikitnya 20 peserta pemagangan ke Jepang asal Kabupaten Banggai untuk mengikuti pelatihan pra pemberangkatan di BLK Makassar, Selasa (1/6).

Program pemagangan tersebut merupakan Program kerja sama Pemerintah kabupaten Banggai melalui Dinas tenaga kerja dan Transmigrasi dengan Direktorat Bina pemagangan Kemnaker RI Dan IM Japan.

Seleksi angkatan pertama Program pemagangan ke jepang di Kabupaten Banggai dilaksanakan pada akhir tahun 2019.

Dimana peserta diseleksi langsung oleh tim dari direktorat Bina pemagangan, Dirjen Bina Lattas Kemnaker RI bersama IM Japan.

Peserta Mengikuti Beberapa tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi, Tes Akademik, Tes pemeriksaan fisik, Tes kesamaptaan (ketahanan fisik), Tes Kesehatan, Tes wawancara, dan Tes bahasa jepang

Selesksi sempat tertunda pada tahap tes bahasa jepang di karenakan pandemi Covid 19 dan pada awal tahun 2021 seleksi dilanjutkan kembali dengan total peserta yg lulus sebanyak 20 orang peserta yg merupakan pemuda dari beberapa kecamatan di wilayah Kabaputen Banggai.

Pada tanggal 2 Juni 2021 para peserta asal kabupaten banggai yang lulus seleksi akan mengikuti pelatihan Pra pemberangkatan ke jepang selama 3 bulan di BLK makassar untuk wilayah sulawesi, bersama peserta dari daerah lain yang lulus. Yaitu Sulawesi selatan sebanyak 14 orang dan Sulawesi utara sebanyak 6 orang.

Sebagai reward atas banyaknya peserta yg lulus seleksi di daerah ini, Kabupaten Banggai sempat di tawari oleh direktorat bina pemagangan dirjen bina Lattas kemnaker RI untuk dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan pelatihan pra pemberangkatan ke jepang.

Tetapi melihat fasilitas yang belum memadai maka pelatihannya di kembalikan ke BLK makassar. Kedepan, kami Pemerintah Daerah terus berupaya melengkapi fasilitas di UPTD LLK Disnaker Kabupaten Banggai agar pelatihan pelatihan berskala besar dapat di laksanakan di daerah ini. (RLs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *