Pemda Banggai Laut Terima Sertifikat Eliminasi Malaria

TERIMA SERTIFIKAT: Menggunakan pakaian adat Banggai Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa menerima sertifikat eliminasi malaria dari kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (FOTO PROKOPIM SETDA BALUT)


BANGGAI POST, BALUT– Kementerian Kesehatan memberikan pemerintah Kabupaten Banggai Laut sertifikat eliminasi malaria, Selasa (27/4). Itu atas keberhasilan mencegah penularan penyakit malaria di daerah setempat.

Sertifikat diterima langsung oleh Bupati Banggai Laut didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Banggai Laut dr Cristian Macpal, serta Direkrut RSUD Banggai dr Julita Ignasiyanti Petun.

Cristian menjelaskan, pemberian seritifikat eliminasi karena kasus malaria kurang dari 1/1.000 penduduk, kemudian positif rate di bawah 5 persen, serta tidak ada kasus penularan di lingkungan setempat. “Dari 3 indikator itu, kita bisa menerima sertifikat,” jelas dia per telepon, kemarin.
Ia memaparkan, sebelum sertifikat diberikan, Kementerian Kesehatan memantau angka kasus malaria yang dilaporkan. Setelah itu, Kementerian Kesehatan menurunkan tim ke daerah. “Ada sekitar 6 orang yang datang ke Banggai Laut,” tuturnya.

Ia memaparkan, dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah. Selain itu, Kabupaten Tidore Kepulauan, Lubuk Linggau, Pulau Pisang, Minahasa Utara, Sinjai, Manggarai, Manggarai Timur, Bolaang Mongondow, Kolaka Timur, Kupang, dan Singkawang.(IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *