192 Kades di Kabupaten Banggai Resmi Dilantik

Prosesi Pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Banggai Ir.H.Amirudin.

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM melantik 192 Kepala Desa (Kades) terpilih, di Astaka Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Kamis (8/11/22).

Para Kepala Desa tersebut merupakan putra-putri terbaik yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang pertama yang tahapannya berlangsung dari tanggal 1 Juli hingga 2 November 2022.

Kepala Desa yang dimaksud berasal dari wilayah yang tersebar hampir di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai, dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkades berjumlah 127.372 orang.

Sebelum Bupati Banggai melakukan pengambilan sumpah, terlebih dahulu pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) membacakan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 141/1800/BPMPD sampai dengan Nomor 141/1991/DPMD tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa yang dilantik.

Dari SK tersebut diketahui masa jabatan masing-masing Kepala Desa adalah selama 6 tahun terhitung saat tanggal pelantikan hingga 2028 mendatang.

Usai Ir. H. Amirudin Amir, MM menyematkan atribut Kepala Desa di seragam mereka dan menyerahkan SK sebagai bagian akhir dari prosesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan sambutan Bupati Banggai.

Dalam pidatonya, Bupati Banggai mengingatkan para Kepala Desa agar selalu amanah dan mengutamakan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat yang ia pimpin.

“Sumpah yang saudara-saudari ucapkan mengandung tanggung jawab kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia, khususnya masyarakat yang bapak ibu pimpin,” jelasnya.

Selain disaksikan oleh diri sendiri dan orang lain, lanjut Bupati, sumpah yang diucapkan disaksikan pula oleh Tuhan yang Maha ESA.

“Sesungguhnya pertanggungjawaban yang paling akhir dan paling utama, adalah pertanggungjawaban kepada Tuhan yang Maha ESA, kepadanyalah bapak ibu akan mendapat balasan sesuai perbuatan,” sambung beliau.

Turut hadir di tribun utama bersama Bupati Banggai, Wakil Ketua I, Sisilia Batia Hadjar beserta Anggota DPRD lainnya, Unsur Forkopimda Banggai, Sekretaris Daerah Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si, para pimpinan organisasi perangkat daerah, serta Ketua Tim Penggerak PKK Banggai, Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE, MM. (Dkf)