Dinas Sosial Banggai Salurkan Bantuan Kepada 1.181 KPM, Kelompok Usaha di Tiga Kecamatan 

Penyerahan Bantuan Tahap II Program BANTU secara simbolis oleh Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Dinas Sosial Kabupaten Banggai kembali menyalurkan bantuan tunai (Program BANTU) tahap kedua tahun 2023 kepada 1.181 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai Amirudin menyerahkan bantuan tunai tersebut secara simbolis, di Kantor Bank Sulteng Cabang Luwuk, Senin (18/12/2023)

Bupati menjelaskan, program BANTU merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, yang bertujuan untuk membantu mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“Semoga bantuan dari Pemprov Sulteng ini dipergunakan sebaik-baiknya sehingga membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari  bapak ibu sekalian,” ujar Bupati Amirudin.

Selain BANTU, Dinsos Banggai juga menyalurkan bantuan bagi pelaku usaha melalui Program Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi 6 KPM yang tersebar di 3 kecamatan, yakni Nambo, Luwuk Selatan, dan Pagimana.

Baca Juga :  Pemda Banggai Luncurkan Gerakan Stop Boros Pangan

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinsos Banggai Ronal Putje mengatakan, dari program BANTU, setiap KPM menerima Rp.1 juta, sedangkan dari KUBE UEP sebesar Rp.10 juta.

“Penerima bantuan ini adalah masyarakat yang terdata di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan tidak menerima program bantuan pemerintah lainnya,” ungkap Ronal.

Untuk diketahui, program bantuan pengentasan kemiskinan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah itu disalurkan serentak di 13 kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah, Senin (18/12/2023), melalui Bank Sulteng di wilayah masing-masing.

Di hari pertama penyaluran, BANTU diserahkan kepada 306 KPM di Kecamatan Luwuk dan akan menyusul untuk kecamatan lain di hari berikutnya. (Dkf)