Semangat Perubahan Bupati Sofyan Kaepa Tidak Dibarengi Semangat Pimpinan OPD

BANGGAI POST, BALUT– Sejak dilantik Februari 2021, Bupati Sofyan Kaepa dan Wakil Bupati Ablit H Ilyas, terus melakukan berbagai perubahan di Kabupaten Banggai Laut. Sayangnya, kinerja pimpinan daerah yang sudah luar biasa itu, tidak dibarengi dengan kinerja para jajaran Pimpinan Organisasi perangkat Daerah (OPD).

Beberapa hasil capaian Bupati Sofyan Kaepa dan Wakil Bupati Ablit H ilyas perlu diacungi jempol. Misalnya penghargaan berskala Nasional, bantuan UMKN tersalur dengan baik, melanjutkan progres pembangunan bandar udara, pembangunan fasilitas umum, mengupayakan kapal fery bisa sandar di Kecamatan Bokan Kepulauan, jumlah kapal Tol Laut yang hampir tidak putus-putusnya sandar di pelabuhan Banggai dan masih banyak lagi kerja nyata yang di torehkan Bupati Sofyan untuk Banggai Laut.

Namun di balik gesitnya Bupati Sofyan membangun Banggai Laut nampaknya tidak di dukung oleh sebagian besar pimpinan OPDnya.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Ke-77 RI, Tiga Kecamatan di Banggai Laut Nikmati BBM Satu Harga

Ambil contoh misalnya anggaran perjalanan dinas yang besar di tahun 2022 ternyata tidak memberikan dampak positif untuk pembangunan daerah, bahkan menyimpan masalah. Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan BPK hampir seluruh pimpinan OPD.

Sehingga terkesan, perjalanan dinas yang leluasa itu hanya sekedar jalan-jalan semata. Tidak ada flashback yang memberi dampak signifikan pada pembangunan daerah.

Dan memasuki akhir masa jabatan tahun depan, agaknya Bupati Sofyan Kaepa dan Wakil Bupati Ablit H. Ilyas harus mengevaluasi kembali kinerja jajarannya agar bisa bersinergi dan apa yang menjadi visi dan misi Bupati bisa terwujud. (IK)