Pemdes Tolokibit Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Tani dan Nelayan

BANGGAI POST, BALUT- Untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, Pemerintah Desa Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan menyerahkan bantuan mesin pangkas rumput sebanyak 20 unit dan 16 perahu fiber. Penyerahan dilakukan oleh Bupati Sofyan Kaepa yang diwakili Staf Ahli Administrasi dan Sumber Daya Manusia, Suryanto Supa, di pasar Desa Tolokibit, Kamis (24/08).

Hadir dalam kegiatan Camat Banggai Selatan, beberapa OPD serta Kepala-Kepala Desa beserta aparat desa yang ada di wilayah Kecamatan Banggai Selatan serta tokoh masyarakat desa Tolokibit.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Sofyan menyampaikan, bahwa pemberdayaan dan pengembangan masyarakat berbasis ekonomi sangatlah penting bagi masyarakat. Sehingga diharapkan dengan adanya bantuan yang diberikan kepada masyarakat dapat membantu meringankan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Sejumlah Perusahaan Ramai-Ramai Ajukan Sanggahan ke Pokja UKPBJ

“Pemerintah daerah terus berkomitmen untuk membantu meringankan beban masyarakat yang ada. Khususnya para nelayan dan petani di wilayah pedesaan,” tuturnya.

Sebagai pemerintah daerah, Bupati mengatakan, bagi masyarakat atau kelompok nelayan dan petani yang belum mendapatkan bantuan agar tetap bersabar dan bersemangat dalam berusaha. Semoga bantuan berikutnya akan mendapat giliran sebagai penerima bantuan.

“Atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan kepada instansi terkait yakni dinas Sosial agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa serta melakukan komunikasi dan pendataan yang efektif agar mudah diketahui oleh masyarakat yang telah menerima bantuan dan yang belum menerima bantuan. Serta dapat menganggarkan kembali di tahun yang akan datang,” kata Bupati Sofyan dalam sambutannya.

Baca Juga :  UPDATE Covid-19: Hari Ini 16 Juni Banggai Bertambah 2 Kasus Baru

Di samping itu juga, orang nomor satu di Banggai Laut juga menyampaikan, agar kepala desa untuk berpikir inovasi dalam mengelola anggaran dana desa. Sehingga dana desa bisa efektif dan efesien.

“Dalam menyusun program pembangunan desa, kepala desa harus duduk bersama dengan sekretaris desa guna menyusun pembangunan skala prioritas serta menghindari rasa saling curiga-mencurigai terkait pengelolaan dana desa,” tandas Bupati.

Kepala Desa Tolokibit Rahman Sangambal menyampaikan, masyarakat yang belum dapat bantuan untuk bersabar. Pemberian bantuan ini tidak bisa dilakukan secara keseluruhan masyarakat. Pemberian harus dilakukan secara bertahap.

“Seperti saat ini yang menerima bantuan kelompok Tani Molios sebanyak 20 unit mesin pangkas rumput dan kelompok Nelayan Batu Kapal sebanyak 16 perahu fiber,” ungkapnya.

Baca Juga :  Indonesia Diharapkan Jadi Jembatan ASEAN-Korea

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa membantu masyarakat dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutur Kades Tolokibit penuh harap. (IK)