Peringatan HAN di Banggai, Wabup: Momentum Jamin Hak Anak

Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai bekerja sama dengan Bunda PAUD memperingati Hari Anak Nasional yang di pusatkan di Graha Pemda, Kamis (10/8).[Foto:Diskominfo]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Pemerintah Kabupaten Banggai bekerja sama dengan Bunda PAUD, memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang dipusatkan di Graha Pemda, Kamis (10/8).

HAN kali ini diperingati dengan menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Banggai.

Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional menjadi momentum untuk menjamin pemenuhan hak anak serta memberi perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Peringatan ini merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, hak tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujar Wabup Furqanuddin.

Upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak, kata Wabup, dilakukan pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), dengan membentuk sejumlah layanan, di antaranya Pusat Pembelajaran Keluarga (Pupaga), Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Desa Ramah Perempuan Peduli Anak (DRPPA), Lembaga Perlindungan Khusus Ramah Anak (LPKRA), Layanan Sahabat Perempuan dan Anak 129 (SAPA129), Layanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA), dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Diduga Cabuli Gadis 13 Tahun, Pria Ini Diamankan Polisi

“Saya berharap kita dapat memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Karena itu, anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan, serta kesehatan jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, cerdas, dan bertakwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,”tuturnya berharap.

Sementara itu, Bunda PAUD Banggai Syamsuarni Amirudin menyampaikan bahwa, upaya peningkatan kualitas anak usia dini butuh kolaborasi semua elemen masyarakat yang peduli dan mau bergerak bersama.

Di hadapan ratusan anak PAUD yang didampingi para guru dan orang tua, Bunda PAUD Banggai mengajak semua pihak untuk menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan yang tengah gencar disosialisasikan.

Baca Juga :  Polisi Mediasi Pemblokiran Pintu Masuk PLTMG di Batui 

“Ini adalah gerakan yang diprogramkan oleh pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek. Bersama seluruh pemangku kepentingan, mari terus kita sosialisasikan Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan,” ujar Bunda PAUD Banggai.

Peringatan Hari Anak Nasional 2023 juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Banggai Syafrudin Hinelo, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KB-P3A) Nurdjalal, Kepala Dinas Kesehatan dr. I Wayan Suartika, para camat, Pokja Bunda PAUD, serta pejabat Forkopimda Banggai. (Dkf)