KSM Tingkat Kabupaten Banggai Resmi Digelar, Ini Harapan Kemenag

Plt.Kasi Pendis Kemenag Banggai Aswari A Nadjir,S.Ag,.MPd.I saat memantau langsung pelaksanaan KSM yang digelar, Sabtu (8/7).[Foto:Istimewa]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Banggai resmi digelar, Sabtu (8/7).

Disela-sela membuka kegiatan tersebut, Kepala Kemenag Banggai yang diwakili Plt. Kasi Pendis Aswari A Nadjir,S.Ag,.MPd.I mengatakan, KSM merupakan sebuah wahana untuk membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Salah satu tujuannya adalah, meningkatkan mutu dan daya saing madrasah dalam bidang sains.

Di Kabupaten Banggai, kegiatan KSM kali ini dipusatkan di dua tempat. Yakni di MAN 1 Banggai dan MTsN 1 Banggai.

“KSM tingkat Madrasah Aliyah (MA) digelar di MAN 1 Banggai. Sementara tingkat MTs dan MI dipusatkan di MTsN 1 Banggai,”tuturnya.

Dikatakan, Lomba KSM tingkat MA, digelar pada hari ini, Sabtu (8/7/2023). Untuk tingkat MTs digelar pada Minggu (9/7). Sementara KSM tingkat MI dilaksanakan pada Senin (10/7).

Baca Juga :  Pengeboman Ikan di Perairan Balut, Dua Pria Diamankan Personil Polairud

Adapun lembaga yang mengikuti KSM tahun 2023 kata dia, berjumlah 63 lembaga. Terdiri dari, tingkat MI sebanyak 17 lembaga, Tingkat MTs berjumlah 27 serta tingkat MA sebanyak 19 lembaga. Dengan peserta perjenjang, MI sebanyak 55 siswa, MTs 135, dan MA sebanyak 169 siswa.

Iapun berharap, momentum KSM kali ini akan lahir wajah-wajah baru, menjadi juara yang nantinya akan berkompetisi di tingkat Provinsi, bahkan sampai ketingkat nasional.

“Harapan kami akan lahir wajah baru, mewakili kabupaten Banggai hingga ketingkat Nasional yang digelar pada bulan September mendatang,”harapnya.

Untuk menggapai harapan itu, mantan Kepala MTs Alkhairaat Luwuk ini berpesan kepada para peserta, agar mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh, serta teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.

Baca Juga :  Gerindra Banggai Kembali Panaskan Mesin Partai di Momen Bukber

“Jika kita sungguh-sungguh dan teliti, insya Allah akan lahir juara untuk berkompetisi di tingkat provinsi yang digelar bulan Agustus mendatang. Dan tingkat Nasional yang di laksanakan pada bulan September,”pungkasnya.

Sekadar diketahui Kompetisi Sains Madrasah adalah ajang paling bergengsi di lingkungan Madrasah. Kegiatan ini digelar oleh Kemenag RI, dengan konsep lomba mata pelajaran, diantaranya Matematika, IPA dan IPS. (NS)