Pemkab Banggai Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Menkominfo Ajak Semua Elemen Berkolaborasi

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Pemerintah Kabupaten Banggai memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 dengan menggelar upacara bendera di pelataran Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan, Senin (22/5/2023).

Tampil sebagai inspektur upacara, Bupati Banggai Amirudin sekaligus membacakan sambutan tertulis Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI Mohammad Mahfud MD.

Dalam sambutan tertulis tersebut dijelaskan bahwa, gerakan perjuangan Indonesia yang gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia mulai menyala, dengan munculnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

“Kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas tahun 2045,” ujar Bupati Banggai, mengutip sambutan Menkominfo.

Dicabutnya status darurat kesehatan global untuk Covid-19 oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 5 Mei 2023, kata Menkominfo, patut disyukuri dan dijadikan momentum dalam memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

Menkominfo juga mengajak semua pihak untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional dengan memperingati perjuangan bersama kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik.

Di samping itu, berbagai capaian khususnya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus tumbuh pasca pandemi diharapkan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia.

Data Badan Pusat Statistik mencatat bahwa perekonomian Indonesia tahun 2022 tumbuh 5,31 persen year on year (yoy), jauh meningkat dari pertumbuhan tahun 2021 sebesar 3,70 persen, bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh 5,03 persen. Hal ini menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan 4 tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 persen.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia, kata Menkominfo, juga ditunjukkan melalui kiprah Indonesia di berbagai forum internasional. Kepercayaan dunia pada Indonesai untuk memimpin forum G20 pada tahun 2022 semakin membawa harum nama “ibu pertiwi” dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia.

Kepemimpinan Indonesia pun berlanjut pada gelaran KTT ASEAN ke-42 yang baru saja digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Melalui tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

“Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas tahun 2045,” ujar Menkominfo.

Menutup sambutannya, Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang bekelanjutan. Semangat kebangkitan juga diharapkan dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua, berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” pungkasnya. (Dkf)