Pilkades Serentak 2023 di Banggai Laut Diikuti 33 Desa

NURDIN MUSA


BANGGAI POST, BALUT- Pemerintah Kabupaten Banggai Laut memastikan tetap akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023. Seperti diketahui saat ini ada 33 desa dari 63 desa Sekabupaten Banggai Laut yang masa jabatannya akan berakhir tahun 2023. Kepastian pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023 tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD- P3A) Kabupaten Banggai Laut, Nurdin Musa, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (03/05).

“Pilkades tetap akan dilaksanakan tahun 2023 ini dan telah disetujui oleh Pak Bupati Sofyan Kaepa,” katanya.

Mantan sekretaris Inspektorat Banggai Laut itu menjelaskan, pilkades serentak 2023 tetap akan dilaksanakan mengingat adanya moratorium pilkades sampai tahun 2025. Hal itulah yang kemudian pilkades tetap akan dilaksanakan tahun ini.

Baca Juga :  DPRD Balut Terbitkan 5 Rekomendasi, Buntut Kelangkaan BBM

“Kalau tidak dilaksanakan tahun ini berarti nanti tahun 2025. Berdasarkan pengalaman banyak masalah di desa tidak terselesaikan karna kepala desanya hanya seorang pejabat. Dan ini yang pemda hindari, kalau tidak ada pemilihan kades tahun ini maka 63 desa akan diisi seorang pejabat kades yang jabatannya bisa sampai dua tahun kedepan,” jelas Nurdin.

“Berdasarkan petunjuk Pak Bupati, maka pilkades serentak 2023 akan kita laksanakan pada minggu kedua bulan September,” tambahnya.

Kadis PMD-P3A itu juga mengatakan, bahwa saat ini tahapan pilkades serentak 2023 masih dalam proses penyusunan perbup. Terkait dengan anggaran pilkades, pemerintah daerah melalui dinas PMD juga telah menganggarkan.

“Perbup pilkades sementara dibuat, anggarannya sudah dialokasikan baik melalui APBD maupun melalui APBDes di 63 desa,” tutup Kadis PMD Nurdin Musa. (IK)