Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023, Kapolres Banggai Bacakan Amanat Kapolri

AKBP Ade Nuramdani,SH,.SIK,.MM

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Polres Banggai melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1444 hijriah, Senin (17/4/2023).

Apel yang dilaksanakan di halaman Mapolres Banggai ini dipimpin langsung Kapolres AKBP Ade Nuramdani SH, SIK, MM, dan dihadiri unsur Forkopimda, sejumlah OPD dan stakeholder terkait.

Pada apel gelar pasukan tersebut Kapolres membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si. Dalam amanat itu, Kapolres mengatakan bahwa, Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.
“Seperti kita ketahui, bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat,” ucapnya.

Berdasarkan Survei Indikator periode 5 hingga 10 Mei 2022, kata Ade Nuramdani, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022.

“Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan
mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik,” imbuhnya.

Terkait permasalahan laka lantas, lanjutnya, perlu optimalkan Langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan. Disamping itu, ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu
Lintas.

“Imbau pengemudi untuk memastikan kondisi
kesehatan dan segera beristirahat apabila
mengalami kelelahan. Apabila terjadi laka lantas, segera lakukan penanganan secara cepat untuk
menolong korban, serta upayakan jangan sampai
berimplikasi terhadap kemacetan yang parah,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Ade, berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik guna dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 hijriah, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri,Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas,Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2023,” tutupnya.

Dikatakan, Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (Empat Belas) hari sejak 18 April s.d. 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 s.d. 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 hingga 9 Mei 2023 yang melibatkan 148.261 personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait.(Hmp)