Bupati Banggai Hadiri Panen Parsial Perdana Udang Vaname PT LIJ

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM,.AIPO saat menghadiri panen parsial perdana udang Vaname, PT LIJ di Luwuk Timur, Sabtu (18/3).[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

Banggaipost, Luktim – Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM,.AIPO, menghadiri kegiatan panen parsial udang Vaname, PT Lautan Internasional Jaya (LIJ) yang beroperasi di dusun III Bilalang Desa Kayutanyo Kecamatan Luwuk Timur, Sabtu (18/3/2023).

Panen persial Perdana PT LIJ, di hadiri Komisaris utama Aming Hartono bersama koleganya berasal dari cina, Kadis Nakertrans,Wakil Ketua DPRD kabupaten Banggai,Kadis Perizinan, Kadis Perikanan,Kadis perdagangan dan industrial ,Kapolsek, Dandramil 1308,Kades, serta jajarannya, Sabtu, (18/3/2023).

Humas PT Lautan Internasional Jaya (LIJ), Sumitro Djanun mengawali sambutannya, memperkenalkan satu persatu kolega Komisaris utama Aming Hartono, serta mengucapkan selamat datang di Desa Kayutanyo untuk menghadiri dan menyaksikan langsung panen perdana.

Sumitro mengatakan, eksistensi PT LIJ yang telah berdiri sejak 7 juni 2021 berdasarkan akta notaris, memiliki lahan seluas kurang lebih 108 Hektar dan bergerak di bidang pembesaran atau Litopenaeus.

“Saat ini PT LIJ berada pada tahap kontruksi. Namun ada beberapa lahan yang saat ini telah di manfaatkan dan kelolah. Kolam yang saat ini eksis sebanyak 56 dengan luasan kurang lebih 40 – 45 kedalaman. Tidak hanya itu kedepan PT LIJ juga akan berusaha dan membuat pembesaran Litopenaeus sebesar 168 -180 kolam, “ujarnya

Baca Juga :  Untuk Kali Pertama, Banggai Laut Peringati Hari Anak, Bupati: Ini Berkat Doa Seluruh Masyarakat

Iapun berharap, hadirnya PT LIJ dapat memberi dampak yang besar bagi Kabupaten Banggai serta tenaga kerja yang ada.

Disamping itu Sumitro juga menginformasikan, di perusahan tersebut saat ini memiliki tenaga asing sebanyak 8 orang yang eksis bekerja. Sementara untuk tenaga kerja lokal sebanyak 70 orang, didominasi 90 persen dari Kecamatan Luwuk Timur.

Terkait operasionalisasi perusahaan, Sumitro pun menginformasikan kendala yang kerap dialami. Sepertihalnya keterbatasan pasokan listrik, yang memengaruhi faktor produksi. Dari 56 kolam yang ada, kata dia, hanya 22 kolam yang terpakai dan telah berproduksi.

“Mudah – mudahan dalam waktu dekat ini listrik kita tidak lagi bermasalah sehingga kita dapat mengelolah dan menggunakan cold storage yang di pusatkan di Lautan Gunung Mas (LGM).”jelasnya.

Baca Juga :  Pertamina EP DMF & AIMTOP Kembangkan Pemanfaatan Sulfur Sebagai Biofertilizer Lahan Pertanian di Banggai

Camat Luwuk Timur Zainudin Saluki dalam sambutanya juga menyampaikan, PT LIJ merupakan Perusahan inventasi udang vaname terbesar ke dua di indonesia yang ada di Luwuk Timur (Luktim).

“Hadirnya perusahan ini memberikan dampak besar terhadap masyarakat Luktim, perusahan LIJ maupun LGM juga taat aturan dan tak punya masalah,”ucap camat

Camat menambahkan, saat ini ada keinginan perusahaan untuk memberikan pasokan listrik pada masyarakat di dusun III bilalang. Iapun berharap, keingin perusahan membantu masyarakat tersebut segera terealisasi.

Sementara itu, Bupati Banggai Ir.H. Amirudin,MM,.AIPO dalam sambutannya menyatakan, mendukung penuh dan mensuport perusahan PT LIJ agar tetap eksis dan mengembangkan investasinya.

Bupati juga berjanji, siap membantu terkait kendala yang dihadapi perusahan tersebut, sehingga dapat berkembang kedepan.

“Oleh karena itu, mari kita sambut dan dukung investor yang ada di Kabupaten Banggai, apalagi ko aming ini sangat baik dan peduli terhadap masyarakat. Ditambah lagi sejak 2 tahun beroperasi, perusahan ini tidak terlibat permasalahan tentang ketenagakerjaan, di banding dengan perusahan PT Sasl yang kerap kali bermasalah, good buat PT LIJ. “ucap Bupati.

Baca Juga :  Jelang Muktamar, Bhabinkamtibmas Polres Banggai Masif Sambangi Tokoh Alkhairaat

sekada diketahui, prosesi panen persial perdana juga di rangkaikan penyerahan alat tangkap udang, pemberian udang kepada masyarakat berserta aparat, serta pemotongan pita oleh Bupati Banggai. (al)