DPW NasDem Sulteng Konsolidasi Pemenangan Bacaleg di DPD NasDem Banggai Laut

BANGGAI POST, BALUT– Sebanyak 21 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Banggai Laut Partai Nasional Demokrat mengikuti assesment Bacaleg Partai NasDem yang dilaksanakan oleh DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah di Sekretariat DPD Partai NasDem Banggai Laut, Minggu (12/03).

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Banggai Laut Partai NasDem, Jamaludin R. Bunsiang, Bakri Moh. Japar dan H.Ardianto Agussalim.

Ketua DPD Partai NasDem Periyanto Tanus yang diwakili oleh Sekretaris DPD Partai NasDem Marselus A. Lasokan menyampaikan, kepada seluruh bacaleg untuk bisa melengkapi berkas persyaratan caleg dan lebih serius mengikuti tahapan bacaleg Partai NasDem salah satunya yakni assesment bacaleg.

“Selain survey, assesment bacaleg juga menjadi instrumen yang harus dilewati oleh bacaleg, sebelum kemudian ditetapkan menjadi caleg dari Partai NasDem,” tuturnya.

Baca Juga :  Rapat Kerja Komda Alkhairaat Banggai, Ketua Komda Minta Perkuat Internal

Dalam kesempatan itu Kak Selus (Sapaan akrab Marselus) menegaskan, bahwa Partai NasDem ingin melahirkan anggota legislatif berkualitas, berintegritas dan bisa menjadi teladan demi kemajuan bangsa khususnya daerah Banggai Laut.

Assesment bacaleg Partai NasDem Banggai Laut dipimpin dan dihadiri langsung oleh Ketua Tim assesment bacaleg Nasution Camang. Dalam kesempatan itu Kak Tion (Panggilan akrab) mengatakan, assesment bacaleg merupakan proses pencalegkan yang ada di Partai NasDem mulai dari DPW sampai DPD.

Dia menjelaskan, mengapa dilakukan, ini berdasarkan pengalaman. Pada periode 2019-2024 Partai NasDem menjadi pemenang pemilu di Sulawesi Tengah karna melalui proses assesment dan proses survey.

“Kita bisa mengetahui sejauh mana kompetensi dan kesiapan kita. Apalagi lagi di pileg 2024, kita diberikan target untuk bisa menang lebih. Apa itu menang lebih? Kita bisa menjadi pemenang atau mempertahankan kemenangan tapi harus lebih kursi. Kalau dulu Banggai Laut kita memperoleh empat kursi dan menjadi wakil pimpinan, ke depan kita bisa menambah jumlah kursi menjadi lima dan menjadi ketua DPRD Banggai Laut,” tuturnya.

Baca Juga :  Warga Duduki Lahan Eks Tambak Udang Batui

Lanjutnya, assesment ini dilaksanakan dalam rangka mengecek atau memotret kesiapan daripada bacaleg–bacaleg partai NasDem. Asesmen ini dilakukan se-objektif mungkin tanpa membedakan bacaleg yang berasal dari kader partai maupun nonkader partai.

“Asesmen yang dilakukan hari ini merupakan langkah awal untuk mengetahui kesiapan para bakal calon legislatif (Bacaleg) secara administratif, sosial, logistik serta langkah – langkah apa yang akan diambil untuk memenangkan Pemilu 2024,“ ujarnya.

“Assesment dan survey akan dijadikan dasar dalam penentuan caleg Partai NasDem. Sehingga menggugurkan bacaleg bukan berdasarkan suka atau tidak suka,” jelasnya. (IK)