Sultim Dinilai Sulit Mekar, Bupati Banggai Sarankan Dorong Pemekaran Wilayah ini

Bupati Banggai, Ir.H.Amirudin

BANGGAIPOST.COM,Toili – Masyarakat Kabupaten Banggai mungkin harus lebih sabar menunggu terbentuknya provinsi baru di bagian timur Sulawesi. Bupati Amirudn memberi sinyal bahwa peluang terbentuknya Provinsi Sulawesi Timur sangat kecil.

“Kalau berpikir tentang Sulawesi Timur, mungkin bisa, tapi jalannya agak sulit sekali,” ujar Bupati Banggai dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan tahap II di Kecamatan Toili, Sabtu (25/2/2023).

Wacana pemekaran daerah otonom baru (DOB) di Sulawesi Tengah telah lama mengemuka. Enam kabupaten yang digadang-gadang bergabung dalam Provinsi Sulawesi Timur, yakni Morowali, Morowali Utara, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una Una (Touna), dan Kabupaten Banggai.

Sebagaimana diketahui, saat ini, Sulawesi Tengah bergantung pada tiga kabupaten yang merupakan daerah dengan pendapatan terbesar, yakni Morowali, Morowali Utara, dan Banggai. Ketiganya punya kontribusi yang signifikan lewat industri pertambangan. Oleh karena itu, Bupati Amirudin mengatakan, ketiganya sulit bergabung menjadi DOB baru.

“Kalau ini (Morowali, Morowali Utara, dan Kabupaten Banggai) diambil semuanya untuk Sulawesi Timur, ini yang saya katakan agak sulit, karena pendapatan terbesar ada di tiga daerah tersebut,” terang Bupati Amirudin.

Meski begitu, ia tetap optimistis, cepat atau lambat, akan ada pemekaran DOB setingkat provinsi yang terpisah dari Sulawesi Tengah.

“Kita tetap berharap bahwa daerah Banggai Bersaudara (Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut) menjadi suatu provinsi,” kata Bupati.

“Jadi, saya kasih solusi, salah satunya adalah kita masih membutuhkan satu atau dua kabupaten. Kalau Touna masuk ke kita, berarti kita hanya membutuhkan satu kabupaten, tetapi kalau tidak, berarti ada dua kabupaten,” tambahnya.

Atas dasar itu, Bupati Amirudin menyatakan bahwa pilihan terbaik yakni memekarkan kabupaten baru yang ada Banggai. Ia pun menyebut tiga calon kabupaten baru itu.

“Usulan yang paling baik adalah segera kita mekarkan kabupaten baru yang ada di Kabupaten Banggai. Apakah itu menjadi Kabupaten Batui Toili, atau Kabupaten Bunta, atau Kabupaten Tompotika Raya. Jadi, mau tidak mau, kalau kita punya keinginan, segera kita laksanakan,” ujar Bupati.

Sementara itu, di level kecamatan, Pemkab Banggai akan segera meresmikan kecamatan baru, yakni Kecamatan Toili Jaya yang pusat pemerintahannya terletak di Desa Tolisu.(Dkf)