banner 728x250

Hari HIV AIDS Sedunia, Pemda Banggai Sosialisasi Pencegahan Penularan Kepada Siswa

Foto: Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Memperi ngati hari Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) sedunia yang jatuh pada tanggal 1 desember, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, menggelar sosialisasi cara penanggulangan dan pencegahan penularan virus kepada siswa.

Kegiatan hari aids tersebut dilaksanakan di Sekolah SMA Negeri 3 Luwuk, pada hari Selasa (06/12/2022) pagi tadi. Dan bertemakan “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri Aids” dan mengangkat tema lokal “Aku Tahu Aku Cegah”

Hadir bersama dengan Kadis Pendidikan, Perwakilan Kepala Dinas DP2KBP3A, Perwakilan Dinas Kesehatan, Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Banggai, Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Siswa-Siswi SMA Negeri 3 Luwuk.

Kadis Dikbud, Syafrudin Hinelo yang saat itu mewakili Bupati Banggai mengatakan, hari AIDS sedunia atau di singkat HAS, pertama kali diperingati pada 1 desember 1988.
“Sejak saat itu pada tanggal 1 desember diperingati sebagai hari AIDS sedunia, pada peringatannya, orang-orang diseluruh dunia menunjukan dukungan bagi mereka yang hidup dengan HV, juga untuk mengingatkan mereka yang kehilangan nyawa karena AIDS,” Tuturnya.

Hari AIDS urai Kadis, dapat dijadikan momentum untuk melaksanakan edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang HIV dan AIDS, juga sebagai bentuk kepedulian serta bentuk empati masyarakat terhadap orang yang telah terinveksi HIV.
“ Hari AIDS sedunia merupakan kegiatan bersifat non politis, yang mengajak semua orang untuk terlibat dalam pemahaman problematika HIV dan AIDS, oleh karena itu, mari kita jaga dan terus lakukan sinergitas penggiat HIV dan AIDS dari berbagai komponen OPD, Anggota Komisi Penanggulangan AIDS, LSM, Akademisi, Relawan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat melalui perannya masing-masing,”ajak Kadis kepada siswa.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Luwuk Anniah pada kesempatan yang sama menuturkan, Kami atas nama Keluarga Besar SMA Negeri 3 Luwuk mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya, kepada Pemerintah Kabupaten Banggai dalam hal ini mewakili Bupati Banggai Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, telah memilih SMAN 3 Luwuk sebagai tempat pelaksanaan hari AIDS sedunia, yang dirangkaikan dengan sosialisasi yang sejak tadi pagi materinya diberikan langsung oleh Anggota Komisi Penangulangan Aids, ucapnya.

Kepsek juga menyampaikan, alhamdulillah di SMA 3 Luwuk telah melakukan lounching SATGAS Anti Narkoba, dengan dilounchingnya satgas tersebut, kami berharap ini merupakan langkah awal untuk mencegah HIV\AIDS karena ini sangatlah erat kaitannya.

Disamping itu juga, demi memberikan pemahaman yang positif kepada siswa dan siswi kita, dalam OSIS sekolah ini banyak sekali agenda kegiatan kita buat selain pencegahan HIV AIDS dan Narkoba, kami juga menerapkan kepada mereka tentang anti perundungan.

Sekadar diketahui, Komisi Penanggulangan AIDS atau Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) adalah sebuah lembaga negara nonstruktural dan independen yang bertujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan AIDS di Indonesia.(Dkf)