Tingkatkan Pelayanan, Bagian Organisasi Setda Banggai Laut Launching Aplikasi e-Balimang

BANGGAI POST, BALUT- Untuk mempermudah dan menjamin keakuratan laporan produktivitas kerja ASN Kabupaten Banggai Laut, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai Laut melaunching aplikasi e-Balimang, Selasa (22/11) di Kantor Bupati Banggai Laut.

Kepala Bagian Organisasi, Ahmad, melalui Pj. Kasubbag kelembagaan dan analisis jabatan, Al Fadhel Alif Utama, S.STP mengatakanmengatakan, bahwa tujuan dari launching aplikasi e-Balimang yaitu, untuk meningkatkan keakuratan informasi, mempermudah pembuatan laporan produktivitas kerja ASN, mengurangi kesalahan penyajian laporan produktivitas kerja ASN, meningkatkan kemandirian dalam penyajian laporan produktivitas kerja ASN.

“Aplikasi ini memungkinkan kita ke depannya memantau dan mengontrol kinerja ASN dan memantau kinerja perangkat daerah serta dapat melihat realisasi pencapaian RPJMD dari kinerja perangkat daerah sebagai pengampu visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut,” jelas pria kelahiran Sulawesi Selatan itu.

Saat ini juga kata Fadhel, pihaknya telah menyelesaikan peta proses bisnis Kabupaten Banggai Laut dan sebagai pedoman untuk mempermudah dalam melihat potensi masalah yang ada dalam pelaksanaan pemerintahan serta mempercepat mencari solusi dalam setiap proses permasalahan kegiatan. Peta Proses Bisnis tersebut diharapkan mendukung komitmen Bupati Banggai Laut dalam peningkatan nilal SAKIP dan Reformasi Birokrasi.

Baca Juga :  Bupati Sofyan Kaepa Kukuhkan 50 Anggota Paskibraka

“Sampai hari ini hanya ada 2 Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah yang mempunyai Peta Proses Bisnis yaitu Kabupaten Banggai dan Kabupaten Banggai laut, hal tersebut merupakan prestasi kita bersama yang semangatnya harus tertular sampai kegiatan lainnya,” ungkapnya.

“Aplikasi e-Balimang ini nantinya akan di bagikan ke OPD-OPD dan Kasubag Umum di masing-masing OPD yang nantinya membuatkan akun untuk setiap pegawai ASN,” tutur Fadhel.

Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, memberikan apresiasi kepada Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai Laut atas penciptaan inovasi pelayanan berbasi elektronik.

“Ini menjelang masa pensiun Pak Kabag memberikan satu trobosan yang sangat luar biasa. ASN yang masih lama mengabdi ini harus menjadi contoh untuk kedepannya,” kata Bupati.

Baca Juga :  Penerimaan Dana Bagi Hasil Belum Maksimal, Bupati Usul Revisi Hitungan DBH

Orang nomor satu di Kabupaten Banggai Laut ini juga sempat menyinggung masih banyak ASN yang hanya bisa menggugurkan kewajiban saja. Tetapi tidak memberikan apa yang terbaik untuk daerah.

“Banyak ASN datang pagi pulang sore, tidak memberikan kontribusi yang nyata bagi daerah ini. Pengabdiannya saya paling tinggi 10 tahun tetapi bapak-ibu ASN bisa mencapai 30 tahun. Berikan yang terbaik untuk daerah ini,” tegasnya.

“Meski saya hebat tetapi personil yang ada tidak bisa berkerja maka tidak akan berhasil membangun daerah ini,” tandas Bupati Sofyan.

“Selesai saya lauching ASN langsung praktekan, jangan menunggu lagi, langsung gunakan aplikasinya. Mudah-mudahan melalui e-Balimang kinerja ASN bisa lebih meningkat dalam memberikan kontribusi di daerah yang kita cintai ini dan TPP akan dinaikkan tahun 2023,” tuturnya.

Baca Juga :  APBD Tahun 2022 Ditetapkan

Sekedar informasi, e-Balimang memiliki beberapa menu di antaranya menu utama dimana ASN akan diminta untuk memilih bulan yang akan dibuatkan laporan produktivitas kerja. Menu pengisian laporan menyediakan tanggal pembuatan laporan, waktu dan uraian kegiatan yang anda dapat input ke dalam aplikasi hasil laporan produktivitas menjelaskan hasil laporan anda telah selesai dan siap diverifikasi. Setelah diverifikasi maka anda berhak mendapatkan TPP. (IK)