Peringati Hari Pahlawan, Pemda Banggai Salurkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas

Foto: Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Pemerintah Kabupaten Banggai menggelar upacara bendera dan hening cipta dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November tahun 2022 di Alun-alun Bumi Mutiara, Luwuk.

Upacara peringatan yang rutin digelar pada November setiap tahunnya tersebut berlangsung khidmat. Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Abdullah Ali bersama jajaran Pemkab Banggai, dan pejabat Forkopimda hadir di tribun utama upacara mendampingi Ketua DPRD Kabupaten Banggai Suprapto yang bertindak sebagai Inspektur upacara.

Setelah pengibaran bendara oleh Paskibra Kabupaten Banggai, Ketua DPRD Banggai membacakan teks Pancasila dan dilanjutkan dengan pembacaan UUD 1945.

Dalam upacara yang diikuti oleh para ASN, siswa-siswi, TNI dan Polri, dibacakan pula pesan-pesan dan profil sejumlah pahlawan nasional, seperti Ki Hajar Dewantara, Jenderal Soedirman, Abdul Muis, Pattimura, Cut Nyak Dhien, dan lainnya. “Pahlawanku, teladanku” dipilih sebagai tema Hari Pahlawan tahun 2022.

 

Pada upacara peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Ketua DPRD Banggai membacakan amanat Menteri Sosial RI. Dalam amanatnya, Menteri Sosial mengajak seluruh anak bangsa merenungi dengan sungguh-sungguh guna menemukan kembali jejak para pahlawan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang merdeka. “Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa yang gugur dalam palagan pertempuran demi mempertahankan kemerdekaan,” kutip Ketua DPRD Banggai.

Baca Juga :  Masuk Rujab, AT-FM Disambut Tangis Haru Warga

Mensos juga menyampaikan bahwa berbagai permasalahan yang dihadapi dunia internasional, seperti pemanasan global, kelangkaan pangan, energi, dan air bersih, membutuhkan kesiapsiagaan dari semua pihak. “Untuk itu, kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan, melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan,” ucapnya.

Begitu pula dalam hal pengelolaan sumber daya air. Meskipun tidak mudah, Mensos meyakini, melalui pengelolaan secara bijak, dapat menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air sehingga menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan mendatang dengan lebih baik.

 

Dengan semangat “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. “Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah slogan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Baca Juga :  Mabuk Berat Hingga Tak Sadarkan Diri, Wanita Belasan Tahun Ini Diamankan Polisi

Momentum Hari Pahlawan juga diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Banggai melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan berupa kaki palsu dan tongkat netra bagi penyandang disabilitas. Dinsos Banggai juga memberikan penghargaan kepada dua orang pendonor darah terbanyak untuk kemanusiaan.

Hari Pahlawan 2022 juga diperingati dengan menggelar upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Tanjung Tuwis Km 8, Luwuk Selatan. Setelah menghadiri upacara bendera di Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Abdullah Ali bersama Ketua DPRD Banggai dan pejabat Forkopimda langsung menuju ke TMP Tanjung Tuwis.

Suasana khidmat meliputi seluruh prosesi upacara ziarah nasional yang dipimpin oleh Kepala Polres Banggai AKBP Yoga Priyahutama tersebut. Ungkapan terima kasih atas darmabakti para pahlawan bangsa tersampaikan melalui doa dan penghormatan. Peletakkan karangan bunga tepat di tengah tugu atau monumen oleh Kapolres Banggai melengkapi simbolisasi penghormatan atas jasa pahlawan bangsa.

Baca Juga :  Satreskrim Polres Banggai Amankan Dua Pelaku Pengeroyokan, Satu Dalam Pencarian 

Upacara ziarah diakhiri dengan tabur bunga di atas pusara pahlawan oleh para pejabat Pemkab dan Forkopimda Kabupaten Banggai. Selain di TMP Tanjung Tuwis, tabur bunga sebagai wujud penghormatan arwah para pahlawan juga dilakukan di perairan Teluk Lalong, sekaligus menutup rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2022. (Dkf)