Pemkab Banggai Laut Torehkan Prestasi Capai UHC

TERCAPAI: Deputi Direksi Wilayah Sulutenggo-Malut (Sulawesi Utara, Sulteng, Gorontalo dan Maluku Utara) dr. Medianti Ellya Permatasari menyampaikan capaian UHC kepada Bupati Soyfan Kaepa saat mengunjungi Kabupaten Banggai Laut pekan lalu.


BANGGAI POST, BALUT– Pemerintah Kabupaten Banggai Laut sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau universal health coverage (UHC) per 1 Oktober 2022.

Hal ini disampaikan langsung oleh Deputi Direksi Wilayah Sulutenggo-Malut (Sulawesi Utara, Sulteng, Gorontalo dan Maluku Utara) dr. Medianti Ellya Permatasari saat mengunjungi Kabupaten Banggai Laut pekan lalu.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Banggai Laut, Adriani Sirima saat dikonfirmasi pencapaian ini menyampaikan, bahwa secara jumlah kepesertaan penduduk yang telah memiliki jaminan kesehatan sejumlah 71.572 jiwa dari total penduduk 74.246 jiwa dengan presentase 96,40 persen.
“Alhamdulillah Pemda Banggai Laut per 1 Oktober 2022 meraih predikat  UHC. Tentunya ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberikan perlindungan sosial kepada seluruh masyarakat Banggai Laut dengan mengikutsertakan dalam program jaminan kesehatan nasional (JKN KIS ),” kata Adri, Selasa (11/10).
Dirinya juga menghaturkan banyak terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Banggai Laut atas capaian UHC tersebut.
“Kami berharap layanan kesehatan kepada peserta agar paripurna dan berkualitas sehingga menambah rasa kepercayaan masyarakat akan layanan kesehatan melalui program ini, ” tuturnya.

Baca Juga :  Ditengah Hutan di Poso, Anggota Brimob Azankan Anaknya yang Baru Lahir

UHC merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95% dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa saat ditemui di Rumah Jabatan menyampaikan, UHC merupakan jaminan bagi semua orang yang mempunyai akses kepada layanan kesehatan secara komprehensif, meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dengan mutu memadai sehingga tidak menimbulkan kesulitan finansial bagi penggunanya. UHC bukan semata tentang pembiayaan kesehatan namun mencakup semua komponen sistem kesehatan.
“Pencapaian Pemerintah Kabupaten Banggai Laut ini bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kolaborasi sehingga dapat  menunjukkan komitmen yang tinggi dari semua jajaran dari tingkat pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan masyarakat di Kabupaten Banggai Laut,” ungkapnya. (IK)

Baca Juga :  Sejumlah Perusahaan Ramai-Ramai Ajukan Sanggahan ke Pokja UKPBJ