Bupati Sofyan Kaepa Canangkan Tujuh Desa Wisata Banggai Laut

BANGGAI POST, BALUT- Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa didampingi Sekretaris Kabupaten Ruslan, anggota DPRD Banggai Laut, serta beberapa kepala OPD melakukan penandatanganan prasasti pencanangan tujuh Desa Wisata yakni Desa Pasir Putih, Desa Lampa Kecamatan Banggai, Desa Bone Baru Kecamatan Banggai Utara, Desa Lalong Kecamatan Labobo, Desa Dungkean, Desa Lantibung Kecamatan Bangkurung dan Desa Mbuang-Mbuang Kecamatan Bokan Kepulauan. Pencanangan desa wisata tersebut di fokuskan di Desa Dungkean Kecamatan Bangkurung, Sabtu (01/10).

Pencanangan Desa wisata tahun 2022 mengangkat tema “Pencanangan Desa Wisata kita wujudkan Banggai Laut Bangkit lebih kuat dan berdaya saing lebih maju”.

Ketika mencanangkan tujuh Desa Wisata Bupati Sofyan Kaepa menyatakan, pencanangan desa wisata tersebut merupakan upaya untuk menjual pariwisata Banggai Laut guna peningkatan ekonomi masyarakat. Dari tujuh ini, semua sudah berjalan dengan baik. “Matube desa Lampa sudah jalan, Mbuang-Mbuang sudah jalan, semua sudah berjalan. Skarang ini ada turis di desa Bone Baru untuk membuat film dokumenter Banggai Laut,” tuturnya.

Baca Juga :  Dikpora Segera Pindah Kantor Baru

Dirinya berharap dengan dicanangkan desa wisata, peran serta kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan masyarakat desa wisata benar-benar sadar menjaga lingkungan sekitarnya.

“Pokdarwis harus jalan dan saya minta kepada kepala dinas pariwisata dan teman-teman pariwisata untuk mengintervensi pembangunan pariwisata,” kata Bupati Sofyan.

Selain pencanangan desa wisata, Bupati Sofyan Kaepa juga menyerahkan bantuan speed boot dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah untuk pariwisata desa Mbuang-Mbuang Kecamatan Bokan Kepualauan. (IK)