Rakor Tim Gugus Tugas Reforma Agraria, Ini Harapan Wabup Banggai

Foto:Bagian Prokopim Setda Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Wakil Bupati Banggai Drs.Furqanudin Masulili, menghadiri Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Reforma Agraria yang digelar di ruang rapat umum Kantor Bupati, Kamis (29/9).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banggai tersebut, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala BPN Kabupaten Banggai, Para Asisten Setda Banggai, Pimpinan OPD, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya , Wabup memberikan support kepada Tim Gugus Tugas untuk terus maju menyelesaikan persoalan agraria di daerah ini.

“Pemda Banggai terus membangun Sinergitas bersama BPN Banggai. Kepada gugus tugas reforma agraria teruslah maju dalam menyelesaikan persoalan-persoalan agraria yang ada di Kabupaten Banggai,”harapnya.

Dengan dilaksanakannya Rakor Gugus Tugas kata Wabup, dapat melahirkan gagasan serta sinergitas kesamaan visi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan seluruh stakeholder.

“Tujuannya untuk membahas arah kebijakan dan penanganan reforma agraria di Kabupaten Banggai, khususnya singkronisasi program/kegiatan terkait penataan akses reforma,”ucapnya.

Adapun menjadi rujukan Satgas, urai Wabup, adalah Perpres reforma agraria nomor 86 tahun 2018. Disebutkan bahwa, reforma agraria sebagai penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset dan penataan akses untuk kemakmuran rakyat.

“Hal ini sejalan dengan strategi nasional pelaksanaan reforma agraria tahun 2015-2019 yang antara lain meliputi: penguatan kerangka regulasi dan penyelesaian konflik agraria, penataan penguasaan dan pemilikan tanah objek reforma agraria (tora); kepastian hukum dan legalisasi hak atas tora; dan pemberdayaan masyarakat pemanfaatan tora”, terangnya.

Sebagai wujud komitmen Pemerintah, Perpres ini dijadikan rujukan melakukan redistribusi tanah, legalisasi tanah, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya gugus tugas reforma agraria dapat menyelesaikan satu per satu persoalan-persoalan agraria dengan baik. Serta memberikan kepastian dan kepuasan bagi masyarakat,”harapnya.

“Mari terus kita pacu dan maksimalkan kerja-kerja kita untuk bagaimana menyelesaikan satu per satu persoalan-persoalan agraria, jangan sampai kita  mewariskan kepada pengganti-pengganti (generasi) kita mendatang tentang persoalan yang ada, apa yang bisa kita selesaikan saat ini, harus kita selesaikan secepatnya”, tutup Wakil Bupati mengakhiri sambutannya.(BP)