Warga Duduki Lahan Eks Tambak Udang Batui

Foto:Istimewa

BANGGAIPOST.COM,Batui- Warga pemilik lahan eks tambak udang di Kelurahan Sisipan, Kecamatan Batui terus duduki dan pertahankan lahan yang di klaim perusahaan PT. Matra Arona Banggai.

“Pihak perusahaan terus melakukan pemarasan hingga sensor di lahan masyarakat yang telah memiliki SKPT dan PBB” ujar Sugianto, kordinator Forum Perjuangan Masyarakat Eks Lahan Tambak udang Batui, Senin (12/9).

Sugianto mengatakan, saat ini warga menyandarakan ekonominya di lahan eks tambak udang tersebut. “Dari budidaya ikan Lele, Mujair, Bandeng hingga tanaman pertanian seperti jagung dan rica” ungkapnya.

Gogo sapaan akrabnya menambahkan, saat ini warga juga mengantungkan kehidupan sehari-harinya terus di lahanya eks tambak udang itu. Akan tetapi tiap harinya warga terus di benturkan dengan pihak oknum kepolisian dan pekerja lokal.

“Akibatnya ada puluhan peternak dan petani terancam kehidupanya yang di paksa keluar dari satu-satunya sandaran ekonomi mereka” Tegas Gogo yang juga sekretaris Pengurus Besar Hinpunan Mahasiswa Batui.

Sehingga, lanjut Sugianto bahwa aktivitas pihak perusahaan di dalam lahan warga merupakan upaya pengusiran warga. Dan sama halnya dengan merampas ruang ekonomi dan memperpanjang kemiskinan warga Batui.(Rls)