Tak Pakai Masker, Tes Swab di Tempat

BANGGAIPOST,Luwuk- Ini peringatan bagi sejumlah warga yang kerap tak disisplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah.

Bagi yang tidak menggunakan masker, dilakukan tes Swab antigen di tempat.

Seperti yang dilakukan petugas di Pasar Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan, Jumat (9/7).

Sejumlah pengunjung di Pasar yang tak memakai masker langsung dilakukan tes swab antigen oleh petugas medis.

Tes swab antigen itu dilakukan bersamaan dengan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) yang digelar petugas gabungan TNI/Polri, Sat Pol-PP dan Dinas Kesehatan.

“Sebanyak lima warga yang diambil sampel tes swab antigen dan hasilnya negatif,” ungkap Kasubbag Humas Polres Banggai Iptu Haryadi SH.

Meski begitu, Iptu Haryadi menerangkan, mereka tetap diberi edukasi dan pemahaman agar selalu menerapkan protokol kesehatan(prokes) budaya 5 M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjahui kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Swab antigen di tempat diharapkan dapat mendisiplinkan masyarakat agar patuh terhadap pprokes. Sebab saat ini masyarakat Kabupaten Banggai yang terkonfirmasi Positif mengalami peningkatan,” terang Iptu Haryadi.

Tes swab antigen dipilih untuk memeriksa warga tak bermasker sebab proses pembacaan hasil pemeriksaan spesimen lebih cepat. Warga yang telah dites diminta untuk menunggu hasil pemeriksaan.

“Bila hasil tes menunjukan reaktif, maka akan ditangani lebih lanjut,” tandas Iptu Haryadi.(NS/Hmp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *