Resmi Dilantik, Ini Formasi KPU Banggai Laut

BANGGAI POST, BALUT– Lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai Laut dilantik secara resmi oleh ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, di Jakarta, Rabu (26/07). Lima komisioner KPUD Banggai Laut yakni Akhmad, Suryadi Rihama, Syahrudin M. Tintis, Siti Hadra A Aman dan Randi Pebrianto Lodik telah berada di Jakarta beberapa hari yang lalu.

Syahrudin M. Tintis, Ketua KPU Banggai Laut


Sekretaris KPU Banggai Laut Suharno T. Sandenggel mengatakan, pasca pelantikan kelima komisioner selanjutnya dilakukan pleno terkait pemilihan ketua dan pembagian divisi dan tugas. “Pleno dilakukan setelah pelantikan,” kata Suharno di Jakarta saat dihubungi via WhatApps.

Setelah, itu kata dia, kelima komisioner yang baru dilantik bakal mengikuti orientasi tugas selama empat hari sejak 26 hingga 30 Juli 2023 di Resimen Induk Kodam Jayakarta (Rindam Jaya).

“Komisioner yang baru dilantik bakal mengikuti orientasi tugas bersama sekretaris terkait kerja dan tugas kepemiluan,” ujarnya.

Setelah dilantik Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari bersama ratusan komisioner KPU kabupaten/kota lainnya di Lima Provinsi, lima komisioner KPU Banggai langsung menggelar rapat pleno guna merumuskan siapa ketua dan pembagian divisi. Berdasarkan hasil pleno memutuskan Syahrudin M. Tintis sebagai Ketua KPU Banggai Laut Periode 2023-2028.

Sedangkan untuk pembagian divisi, Ketua KPU Syahrudin M. Tintis menjabat divisi Keuangan, Umum dan Logistik. Divisi Teknis dan Penyelenggaraan dijabat  Randy Pebrianto Lodik. Untuk divisi Perencanaan, Data dan Informasi di jabat Siti Hadra A. Aman. Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM dijabat oleh Akhmad dan Divisi Hukum dan Pengawasan di jabat oleh Suryadi Rihama.

“Ketua sudah tetap tapi untuk divisi belum. Masih bisa berubah karena belum ditandatangan komisioner,” ujar sekretaris KPU Banggai Laut Suharno T. Sadenggel. (IK)