Polisi Siagakan Pengamanan Hari Raya Galungan di Toili Banggai

Hari Raya Galungan di Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.[Foto:Humas Polres Banggai]

Banggaipost.com,Toili- Polsek Toili menjamin keamanan bagi umat Hindu dalam menjalankan Ibadah, pada saat Perayaan Hari Raya Galungan, Rabu (4/1/2023) pagi ini.

Kapolsek Toili IPTU Nanang Afrioko, SH, MH juga menghimbau masyarakat senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama.

Hari raya Galungan dirayakan umat Hindu setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali, yaitu sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Terdapat beberapa Pura di wilayah hukum Polsek Toili, salah satunya adalah Pura Puseh Bhuana Sari di Desa Mekar Kencana Kecamatan Toili.

“Ibadah Hari Raya Galungan yang dipimpin oleh Mangku Puseh Bapak Ketut Sumarta ini diikuti oleh sekitar 1000 jemaat yang hadir beribadah bersama,” terang IPTU Nanang Afrioko, SH, MH.

Beberapa personil yang di pimpin oleh Waka Polsek Toili IPTU Velix Damar ditempatkan untuk pengamanan kegiatan ibadah dan tim patroli menyusuri jalan-jalan yang melintasi Pura. Kegiatan pengamanan dimaksimalkan untuk meminimalisir potensi gangguan.

“Saya rasa tidak ada istilah berlebihan dalam pengamanan, kami tempatkan personil, kami siagakan patroli agar kegiatan ibadah bisa berjalan lancar,” jelas Kapolsek Toili.(Hmp)