banner 728x250

PHBI Banggai Gelar Halal Bi Halal, Berikut Pemenang Lomba Pawai Takbir

Peringatan Halal Bi Halal yang diselenggarakan PHBI Kabupaten Banggai.

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai bekerja sama dengan Takmir Masjid Baiturrahim Dongkalan menggelar Halal Bi Halal yang dipusatkan di Masjid Baiturrahim Dongkalan, Rabu (17/4/2024).

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Banggai, Ir. Abdullah Ali, M.Si, Para pimpinan OPD, Unsur Forkopimda, Pimpinan BUMN dan BUMD, serta Tokoh Agama dan Masyarakat.

Sekda Banggai, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai menekankan bahwa, Halal Bi Halal merupakan sarana untuk saling mengikhlaskan dan memaafkan kesalahan satu sama lain, baik sesama kaum Muslimin dan Muslimat maupun sesama umat beragama.

“Halal Bi Halal merupakan sarana yang baik bagi kita untuk saling mengikhlaskan dan memaafkan kesalahan-kesalahan satu sama lain, baik sesama kaum muslimin dan muslimat maupun sesama umat beragama,” Ujar Sekab Banggai.

Tema Halal Bi Halal malam kali ini yaitu ‘Sucikan Diri Dengan Silaturahmi’, yang kemudian makna dari tema tersebut dijelaskan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banggai, ustaz Dr. KH. Zainal Abidin Alihamu, MA.

“Inti Halal Bi Halal yaitu ialah menyelesaikan masalah yang belum selesai, mendamaikan orang yang belum berdamai, menyatukan orang yang belum menyatu,” jelas Ketua MUI Banggai.

Dimomentum kegiatan ini juga diumumkan dan dibagikan hadiah lomba pawai takbir “Diumumkan dan dibagikan hadiah lomba pawai takbir yang terbagi atas 4 kategori yaitu Kategori Sekolah, Oragnisasi, OPD, dan Masjid,” tutur Ketua PHBI Banggai, Drs. H. Alfian Djibran, MM.

Para juara Pawai Takbir yang mendapatkan piagam penghargaan, bonus, dan piala yaitu :
1. Juara 1 Pawai Takbir Kategori Sekolah yaitu Madrasah Aliyah Negeri Banggai
2. ⁠Juara 1 Pawai Takbir Kategori Organisasi Masyarakat yaitu DPD KKIG Kab. Banggai
3. ⁠Juara 1 Pawai Takbir Kategori OPD Banggai yaitu Dinas PUPR Kabupaten Banggai.
4. ⁠Juara 1 Pawai Takbir Kategori Masjid Yaitu Masjid Al Ilham, Kelurahan Bungin,

Untuk diketahui, PBHI menerima mandat dari pemerintah dan masyarakat untuk menyelenggarakan hari besar Islam di Kabupaten Banggai dengan konsisten menjunjung tinggi kemaslahatan umat melalui berbagai kegiatan keagamaan.

“Bukan hanya hari besar islam yang dilakukan, juga kegiatan keagamaan lain demi kemajuan umat, demi kemaslahatan masyarakat dan membantu Pemda dan Forkopimda untuk selalu bersilaturahmi dan dekat dengan masyarakat,” ujar Ketua PHBI Banggai. (Dkf)