Peringati Nuzulul Qur’an 1444 H, Ini Pesan Wakil Bupati Banggai

Foto: Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Pemerintah Kabupaten Banggai bekerja sama dengan Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai memperingati Nuzulul Quran 1444 H di Masjid Al-Hikmah Soho, Kecamatan Luwuk, Jumat (7/4/2023).

Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Alquran di malam ke-17 Ramadan. Wahyu pertama yang disampaikan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril itu menjadi pedoman hidup bagi kaum muslim dan semua umat manusia.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah sholat Isya berjamaah itu diawali pembacaan ayat suci Alquran dan laporan panitia oleh Ketua PHBI Banggai Alfian Djibran.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Furqanuddin Masulili membacakan sambutan Bupati Banggai Amirudin yang berhalangan hadir karena sedang melakukan kunjungan kerja di Jakarta.

Wabup Furqanuddin mengatakan, peristiwa turunnya Alquran yang rutin diperingati setiap tahun tidak sekadar menunaikan sebuah seremoni semata tanpa penghayatan dan implementasi nyata dalam kehidupan bermasyarakat.

“Peringatan malam ini sebaiknya dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan semangat, mempelajari, dan mengamalkan kandungan Alquran di kalangan umat muslim. Intinya adalah kita jangan berpuas diri dengan sebuah kemeriahan saja, karena apalah arti kemeriahan tapi tanpa nilai, hampa makna. Sebab agama harus dimaknai sebagai bagian totalitas secara utuh,” ujar Wabup Furqanuddin.

Atas dasar itu, Wabup Furqanuddin berharap momen Nuzulul Quran dapat berdampak positif bagi kualitas pembangunan manusia di Kabupaten Banggai.

“Saya yakin, apabila kita bersandar pada tuntunan Alquran, insyaallah Kabupaten Banggai akan menjadi lebih baik, akan menjadi kabupaten yang maju, daerah yang bahagia lahir dan batin,” kata Wakil Bupati.

Pada kesempatan itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banggai Ma’sum Rumi menyampaikan pesan-pesan moril dari peristiwa turunnya kitab suci umat Islam tersebut dalam hikmah Nuzulul Quran.

Peringatan Nuzulul Quran juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Banggai Abdullah Ali, Wakil Ketua 2 DPRD Banggai Samsulbahri Mang, Camat Luwuk, sejumlah pimpinan perangkat daerah, serta jamaah Masjid Al-Hikmah Soho. (Dkf)