Perdana KMP. Tanjung Api Rute Bokan Kepulauan, DN 1 Q Meluncur ke Bokan

BANGGAI POST, BALUT– Jum’at (01/09 merupakan hari yang berkah bagi masyarakat Kecamatan Bokan Kepulauan. Pasalnya, pada hari ini Kapal Ferry KMP Tanjung Api secara resmi memulai rute perdananya dari pelabuhan Tinakin Kecamatan Banggai ke Pelabuhan Kaukes Kecamatan Bokan Kepulauan.

Pelayaran fenomenal ini langsung mendapat penumpang ‘kelas satu’ yakni Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa bersama sejumlah pimpinan OPD.

Bahkan, karena antusias atas pencapaian tersebut, Sofyan Kaepa menyertakan mobil dinas pimpinan Daerah, DN 1 Q dan beberapa mobil dinas lainnya. Selain itu juga pada pelayaran perdana tersebut turut ikut sejumlah pejabat penting di lingkungan ASDP diantaranya, Kepala BPTD Kelas II Prov. Sulteng, Senior General Manager Regional IV PT. ASDP Indonesa Ferry (Persero) dan General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Luwuk serta pejabat lainnya.

“Kami menyambut baik perhatian Kementerian Perhubungan melalui ASDP terhadap kebutuhan warga Balut,” ucap Sofyan Kaepa, di kantin BPBD, Kamis (31/8).

Diketahui, Kecamatan Bokan Kepulauan masuk dalam kategori daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di kabupaten Banggai Laut. Meski di masa Sofyan Kaepa, dukungan pemerintah  untuk pengembangan kawasan ini sangat baik , namun kondisi geografisnya yang terdiri dari gugus pulau-pulau kecil yang saling terpisah menyebabkan strata ekonomi dan sosial masyarakat Bokan Kepulauan cenderung belum semaju kawasan lain.

Karenanya, usaha menyambung akses interaksi warga Bokan ke ibukota Kabupaten di Banggai jadi strategi cerdas yang pantas diapresiasi.

“Ini bentuk perhatian kami untuk warga Banggai Laut di kawasan 3T. Insya Allah adanya KMP.Tanjung Api memberi pengaruh positif terhadap kesejahteraan mereka,” harapnya.

Dijadwalkan, Bupati dan rombongan bakal mukim selama tiga hari di kecamatan itu dengan sejumlah agenda penting pemerintahan.

“Rencana kami akan resmikan pembangunan Tanggul Kawalu dan menyalurkan beberapa bantuan sosial secukupnya. Kami juga akan melihat langsung pelayanan KTP-EL dinas Dukcapil dan pemberdayaan usaha yang diinisiasi PTSP,” pungkas bupati Sofyan. (IK)