Perdana di Indonesia, Peluncuran Gerakan Nasional Managemen Talenta Pemuda di Banggai

Peluncuran Gerakan Nasional Managemen Talenta Pemuda (MANTAP) yang dipusatkan di gedung cokelat Dinas TPHP Banggai.[Foto:Diskominfo]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Banggai menjadi kabupaten pertama yang meluncurkan Gerakan Nasional Manajemen Talenta Pemuda (MANTAP).

Staf Khusus (Stafsus) Presiden Bidang Pendidikan, Inovasi, dan Daerah Terluar Billy Mambrasar meluncurkan Gerakan Nasional Manajemen Talenta Pemuda (MANTAP), Minggu (16/7/2023), di Wisma Cokelat Kantor Dinas TPHP Kabupaten Banggai.

“Ini adalah kabupaten pertama se-Indonesia yang meluncurkan program nasional, ini instruksi langsung dari presiden. Ya, presiden meluncurkan Manajemen Talenta Nasional,” ujar Stafsus Presiden Billy Mambrasar.

Billy menerangkan bahwa Presiden Jokowi ingin agar setiap pemuda-pemudi terbaik di daerah terdata oleh negara. “Datanya itu kemudian ditampung oleh aplikasi MANTAP, dan dia terhubung dengan program Talent Hub di bawah Kementerian Tenaga Kerja,” terang Billy.

Selain itu juga terkoneksi dengan progam Prestasi Hub naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Melalui program ini, para peserta akan diberikan pelatihan di sejumlah sektor, seperti perikanan, pertanian, pariwisata, ekonomi kreatif, UMKM, serta industri digital.
“Dari enam sektor itu, sudah terstruktur modul. Masing-masing modul itu durasinya antara 6 sampai 14 modul yang akan dirapikan Prestasi Hub,” kata Billy saat ditanya wartawan seusai peluncuran Gerakan Nasional MANTAP.

Ia menjelaskan, Prestasi Hub berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sebab, program ini merupakan lintas koordinasi. “Nantinya, masing-masing anak ini ditargetkan di awal ada 1.000 pemuda Banggai yang akan mengikuti 6-14 modul,” katanya.

Beberapa pelatihan untuk UMKM, kata Billy, akan dikoneksikan dengan permodalan dari pemerintah maupun swasta. “Pelaksanaan program di provinsi lain, sektor swasta juga ikut terlibat, misalnya di Provinsi Papua Freeport memberikan permodalan kepada sekitar 500 UMKM, Kementerian Perdagangan juga memberikan sekitar 300 orang,” paparnya.

Billy Mambrasar menjelaskan bahwa program tersebut tidak sepenuhnya membebankan APBD, karena terdapat penganggaran yang diberikan kepada swasta maupun pemerintah pusat.
“Dengan adanya Prestasi Hub di bawah naungan Kemenpora, Prestasi Hub Kabupaten Banggai ini akan mendatangkan pelatih-pelatih terbaik,” ujarnya.

Pelatihan akan dilakukan melalui aplikasi MANTAP dengan mengacu pada modul yang telah tersusun.
“Kami telah memiliki database kurang lebih hampir 150 pelatih profesional baik yang bekerja di sektor swasta atau memiliki keahlian di bidang tersebut,” jelasnya.

Bupati Banggai Amirudin berharap program MANTAP dapat menumbuhkan semangat berwirausaha bagi pemuda serta membuka kesempatan kerja yang luas di Kabupaten Banggai.

“Kami berharap dapat memberikan kontribusi maksimal bagi daerah, khususnya dalam pembangunan kepemudaan, sehingga peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda pada domain lapangan dan kesempatan kerja bisa terus meningkat lewat program MANTAP,” ujar Bupati Amirudin.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai Ernaini Mustatim melaporkan bahwa dari seribu peserta yang terdaftar, akan dipilih 35 pemuda terbaik.

“Di antara seribu pemuda ini, akan ada local champion sebanyak 35 pemuda yang akan dibawa oleh Stafsus untuk bertemu langsung dengan Presiden Jokowi,” ujar

Peluncuran Gerakan Nasional MANTAP juga dihadiri oleh Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora Bayu Rahadian, Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili, Sekretaris Daerah Abdullah Ali, sejumlah pimpinan OPD dan pejabat Forkopimda. (Dkf)