Penutupan ITLF 2023 di Banggai, Pemda Apresiasi Delegasi 5 Negara 

Penutupan International Teluk Lalong Festival (ITLF) 2023.[Foto:Pemda Banggai]

BAGGAIPOST.COM,Luwuk – Mewakili Bupati Banggai, Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Abdullah Ali, M.Si menutup kegiatan International Teluk Lalong Festival (ITLF) 2023, bertempat di RTH Teluk Lalong, Rabu (30/8/2023).

Closing Ceremony merupakan agenda terakhir dari rangkaian acara festival yang diawali dengan Malam Ramah Tamah, Karnaval Budaya, Malam Pembukaan, Pentas Seni dan Budaya, serta kegiatan lainnya yang turut memeriahkan ITLF 2023.

Saat membacakan sambutan tertulis Bupati Banggai, Sekda Abdullah Ali menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan peserta delegasi negara yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ITLF 2023.

“Semoga momen festival budaya yang telah kita laksanakan ini, kiranya mampu memberikan dampak positif terhadap pengembangan kebudayaan dan pariwisata, serta pertumbuhan ekonomi di daerah Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Momen ITLF, Lanjut Sekda Abdullah, telah menjadi ajang promosi strategis yang membawa keuntungan bagi pariwisata di Kabupaten Banggai khususnya dan Provinsi Sulawesi Tengah pada umumnya.

“Hal ini membuktikan event budaya yang dikemas apik dan profesional dapat melahirkan citra bagus di mata para pecinta event budaya dan para wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, sehingga mampu memberi nilai tambah dan nilai ekonomi bagi masyarakat dan kemajuan daerah,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa, melalui kegiatan festival teluk lalong ini, tentunya para pelaku seni dan budaya telah berhasil mengedukasi masyarakat dengan menampilkan karya-karya terbaik mereka.

“Sehingga seni dan budaya bukan hanya sekedar tontonan, tetapu juga mengandung pesan dan motivasi agar masyarakat lebih peduli, bangga, dan cinta kebudayaan daerahnya,”tutur Sekda.

Diakhir sambutannya, iapun menginformasikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Banggai terus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan-kegiatan yang positif dalam membangun daerah ini.

“Mempersatukan kebersamaan tanpa perbedaan dalam membangun komitmen kebangsaan yang kuat, guna mensukseskan dan mendorong pelaksanaan pembangunan daerah sekaligus menjadi wahana membentuk masyarakat yang demokratis, sebagai konsekuensi logis dalam menghadapi segala perubahan di era globalisasi dan reformasi,” jelasnya.

Sekadar diketahui, acara tersebut disiarkan secara live streaming oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai. (Dkf)