Pengendalian Inflasi NATARU di Banggai, Berikut Rekomendasi Rakor TPID

Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Upaya Pengendalian Inflasi Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (NATARU) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan Rapat Koordinasi.

Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO pada Senin (27/11/2022) di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai.

Bupati Banggai menginformasikan bahwa, TPID telah melaksanakan pencapaian dalam menangani inflasi yang mengalami penurunan inflasi hingga minus 0,58% pada Oktober 2023.

“Bahkan kita kemarin termasuk salah satu daerah yang terjadi deflasi kurang lebih 0,58%,” ujar Amirudin.

Meskipun demikian, TPID tetap fokus pada pengendalian harga bahan pokok, penguatan daya beli masyarakat, dan pemantauan ketersediaan stok, terkhususnya menjelang NATARU 2023/2024.

Rapat kali ini menjadi platform bagi berbagai sektor seperti perdagangan, ketahanan pangan, pertanian, peternakan, energi, transportasi, dan lainnya untuk menyampaikan data dan langkah-langkah strategis yang akan diambil.

Berikut rekomendasi strategis dalam menghadapi NATARU 2023/2024 :

1). Kepala Perangkat Daerah diminta merealisasikan anggaran untuk pengendalian harga, penguatan daya beli, dan pemantauan bahan pokok.

2). Instansi Vertikal, Lembaga, BUMN, BUMD, dan lainnya diharapkan melaksanakan tugas sesuai kewenangannya.

3). Sinergi Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kepolisian, dan TNI untuk menjaga keamanan.

4). Camat Se Kabupaten Banggai sebagai Tim Pengendalian Inflasi Daerah diminta aktif dalam pengawasan harga, distribusi, dan ketersediaan barang.

Bupati Banggai berharap, kerja sama dan tanggung jawab TPID dan semua pihak dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelancaran dan keamanan NATARU 2023/2024 di Kabupaten Banggai.

“Akhirnya diharapkan kepada TPID Kabupaten Banggai dan Semua Pihak, agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing agar kegiatan NATARU 2023/2024 dapat berjalan lancar dan aman sebagaimana yang kita harapkan Bersama,”pungkasnya.(Dkf)